Jalinsum Batu Jomba Amblas, Kendaraan Dialihkan Melalui Jalur Sibolga atau Rantauprapat

Jalinsum Batu Jomba Amblas, Kendaraan Dialihkan Melalui Jalur Sibolga atau Rantauprapat
Jalinsum Batu Jomba Amblas, Kendaraan Dialihkan Melalui Jalur Sibolga atau Rantauprapat (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sipirok - Akibat diguyur hujan lebat beberapa hari tetakhir, ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Batu Jomba di Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) amblas, Jumat (11/10).

Akibatnya, Jalinsum Batu Jomba putus total, dan kendaraan yang akan melintas terpaksa dialihkan melalui Jalinsum Sibolga dan Rantauprapat.

Ketua Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Tapsel, Sofyan Adil mengatakan, saat ini ruas Jalan Batu Jomba sama sekali tidak bisa lagi dilalui kendaraan.

"Lebih 20 meter badan Jalinsum Batu Jomba amblas ke jurang sedalam belasan meter pada malam tadi akibat Intensitas hujan yang sangat tinggi," katanya.

Dikatakan, peristiwa bencana alam ini memaksa para pengendara yang datang dari arah Padangsidimpuan-Tarutung-sebaliknya melewati jalur lintas alternatif.

"Jalur alternatif bisa memilih ruas Jalan Nasional lintas Timur dan Barat yakni dari Rantauprapat maupun Sibolga, atau menggunakan jalur Jalan Provinsi arah Sipirok-Pangaribuan tembus ke Kota Tarutung maupun Siborong-borong," terangnya.

Lebih lanjut Sofyan mengatakan, pihak FLLAJ Tapsel sudah melakukan koordinasi dengan pihak Balai Besar Perbaikan Jalan Nasional (BBPJN) Sumut guna melakukan langkah-langkah selanjutnya.

"Sudah kita lakukan koordinasi dengan pihak Kementerian PUPR melalui BBPJN Sumut. Kita tunggu saja hasilnya," ujarnya.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi