HKBP Distrik XXIX Deliserdang Diresmikan

Lubukpakam, (Analisa). HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) Distrik XXIX Deliserdang, pemekaran dari Distrik X Medan-Aceh diresmikan Ephorus HKBP Pdt Willem TP Simarmata MA, dan melantik Pelaksana Distrik Pdt Tampak Hutagaol MTh, Minggu (22/11) dalam ibadah bersama dihadiri sekira 2.000 Jemaat merupakan perwakilan dari Gereja HKBP yang tergabung kepada Distrik XXIX Deliserdang di Gereja HKBP Jalan Iman Bonjol di Lubukpakam.

Sebelum ibadah, digelar prosesi, pembukaan selubung plakat Distrik XXIX Deliserdang, pelepasan ratusan balon, pelepasan burung merpati dan penandatangan prasasti oleh Ephorus HKBP Pdt Willem TP Simarmata sambil memeluk anak-anak sekolah minggu sebagai saksi dan pewaris HKBP nantinya.

Dalam khotbahnya, Pdt Willem TP Simarmata MA menyampaikan selamat kepada seluruh Ressort HKBP yang tergabung di Distrik XXIX Deliserdang dan seluruh Jemaat HKBP. Dengan berdirinya Distrik XXIX Deliserdang, HKBP fokus untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin sulit.

Distrik XXIX Deliserdang terpanggil untuk bergiat menyiapkan diri menjawab tantangan zaman. Jemaat dikumpulkan Tuhan dan dijadikan satu melalui baptisan kudus, sehingga pelayanan Gereja bukan hanya di dalam gereja, altar, melainkan harus keluar dan bersama-sama dengan masyarakat. Gereja adalah tindakan, perbuatan, uluran tangan, dan pertolongan untuk orang lain.

Usai kebaktian, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan mengatakan selamat datang kepada Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA bersama rombongan di Lubukpakam yang merupakan ibukota Deliserdang.

Disebutkan, peresmian Distrik memiliki makna yang sangat penting sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan wawasan keagamaan bagi umat Kristiani khususnya bagi Jemaat HKBP melalui persembahan puji-pujian kepada Tuhan, sekaligus mengasah dan memperdalam kualitas spritualitas umat.

Kepada Ephorus HKBP, Bupati minta dukungan dan doa agar Deliserdang bersama seluruh Elemen masyarakat dapat mewujudkan Deliserdang yang lebih maju, berdaya saing bersama masyarakatnya yang religious dan bersatu dalam Kebhinnekaan, sesuai visi-misi pembangunan Deliserdang hingga 2019.

Sementara Ephorus HKBP Pdt Willem TP Simarmata dalam sambutannya di antaranya menegaskan bahwa HKBP menjadi berkat buat dunia. Orang Batak suka merantau baik di berbagai pelosok Indonesia seperti Kalimantan dan Irian Jaya maupun di luar negeri seperti di Singapura, Kuala Lumpurr, Los Angeles, New York, Seattle dan negara bagian Colorado.

Oleh karena itu, Jemaat HKBP Distrik Deliserdang harus menjadi penopang kebaikan, bersahabat dengan Pemerintah, taati peraturan Pemerintah, dan jangan lupa bayar pajak untuk pembangunan Kabupaten Deliserdang.

Disebutkan, HKBP akan terus mengembangkan Distrik. Dalam waktu dekat akan diresmikan HKBP Distrik 30 di daerah Riau pesisir.

Praeses HKBP Distrik X Medan-Aceh Pdt Kardi Simanjuntak MMin, meminta dukungan rekomendasi kepada Bupati Deliserdang untuk pengadaan lahan pembangunan Distrik XXIX Deliserdang. Distrik X Medan-Aceh dimekarkan dan melahirkan Distrik XXIX Deliserdang agar pelayanan gereja semakin efektif, dan efisien sesuai dengan perkembangan zaman di tengah-tengah Gereja HKBP di wilayah Kabupaten Deliserdang dan sekitarnya berkedudukan di Lubukpakam.

Sementara Ketua Umum Panitia Jaendar Oppusunggu STh, bersama Ketua pelaksana panitia, Drs Hasiholan Sinaga, Sekretaris Umum Pdt Gilbert Situmorang STh, dan Humas Edison Marpaung SH kepada SIB mengatakan Distrik XXIX Deliserdang beranggotakan 11 Resort ditambah 1 Resort persiapan yaitu Resort Lubukpakam, Ramunia, Pasarmelintang, Perbaungan, Pagarjati, Galang, Martoba, Tanjung Morawa, Tanjung Morawa Kota, Serdang dan Resort Simpang Penara serta 1 Resort persiapan yaitu Resort Moria BSP. Distrik XXIX melayani 50 Gereja dengan 9.872 kepala keluarga. (bip)

()

Baca Juga

Rekomendasi