Medan Amplas Kecamatan Terbaik Kota Medan

Medan, (Analisa). Tim Penilai Kecamatan Terbaik Provinsi Su­matera Utara dipimpin Drs Aswin Lubis me­lakukan kunjungan ke Kecamatan Medan Amplas di halaman kantor setempat Jalan Garu Medan, baru-baru ini.

Kunjungan tim penilai diterima Wakil Wa­likota Medan Akhyar Nasution sehubu­n­gan Kecamatan Medan Ampals terpilih me­wakili Kota Medan mengikuti lomba ke­ca­matan terbaik tingkat Provinsi Su­matera Ut­ara tahun 2016.

Wakil Walikota Medan dalam kesem­patan itu mengatakan, pembangunan pada dasarnya adalah dari, oleh dan untuk ma­syarakat. Ka­renanya masyarakat harus terli­bat da­lam seluruh proses pembangunan. Beranjak dari pemahaman ini, keca­matan sebagai ujung tombak pemerintah kota memiliki pe­­­ran sa­ngat strategis dalam me­nyukseskan prog­ram pembangunan itu.

Sebab, kata dia kecamatan sangat dekat dengan masyarakat. Di samping berfungsi sebagai penyelenggara pelayanan kepada ma­syarakat juga diharapkan mampu melak­sa­nakan program-program pembangunan berbasis masyarakat.

Menurut dia, Kecamatan Medan Amplas banyak menunjukkan ek­sistensinya sebagai pelak­sana kewenangan pemerintah di ting­kat kecamatan. Berda­sar­kan laporan yang diterima, kata Akhyar Ke­­camatan Medan Amplas berhasil dalam pemberdayaan ma­syarakat serta secara bersama-sama men­jaga ketentraman dan keamanan lingku­ngan serta kebersihan.

“Kita berharap kunjungan rombongan tim penilai ini dapat memberikan masukan-ma­­sukan yang bernas, sehingga Kecamatan Me­­dan Amplas masuk menjadi no­­minasi dan ditetapkan menjadi salah satu keca­matan terbaik di Provinsi Sumatera Utara,“ harap Akhyar.

Pimpinan rombongan tim penilai As­win Lubis mengatakan, penilaian, pem­binaan serta evaluasi kepada kecamatan di Provinsi Sumatera Utara ini setiap tahun dila­kukan secara berjenjang. Tahun ini dilakukan lomba kecamatan terbaik diikuti se­ba­nyak 24 kecamatan yang ada di Pro­vinsi Su­matera Utara untuk dinilai sereta dan akan menjadi duta untuk kecamatan ter­baik tingkat nasional.

Program Unggulan

Menurutnya, Kecamatan Medan Am­plas banyak keunggulannya seperti koor­dinasi dengan elemen lain yang ada di wilayanya, serta program unggulan lainnya yang dilaksanakan. Dari kelebihan tersebut, namun ada kekura­ng­annya, diharapkan nantinya kekurangan tersebut diperbaiki sehingga Medan Amplas unggul menjadi kecamatan terbaik.

Camat Medan Amplas Zulfahri Ahmadi didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Me­dan Amplas Nyonya Zulfahri dalam eks­po­senya mengatakan, luas wiayah Ke­ca­matan Medan Amplas 137,7 hektar dengan jumlah penduduk 136.820 jiwa terdiri dari 7 ke­lurahan dan 77 kepala lingkungan, memiliki 68 posyandu dengan 340 kader. Medan Am­plas memiliki 17 Industri besar, 23 industri sedang dan seratus lebih home industry.

Disampaikannya berbagai program telah dilaksanakan di Medan Amplas, baik prog­ram peningkatan aparatur, program kema­syrakatan, kebersihan, keamanan dan keter­tiban, program 10 pokok PKK, penyuluhan serta program unggulan lainnya, semua prog­ram ini dilakukan agar masyarakat merasa terlayani dan juga sadar akan tangung jawabnya dan ikut berperan dalam pemba­ngunan. (rmd)

()

Baca Juga

Rekomendasi