'Selembar Itu Berarti' Raih Rekor MURI

FILM karya anak Medan, ‘Selembar Itu Berarti’, kembali meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai penonton terbanyak sebelum tayang di bioskop yang sudah ditonton hingga 300 ribu kali. 

Sebelumnya, film tentang pendidikan di Indonesia ini juga meraih rekor MURI kategori jabatan terbanyak dalam satu produksi film. Sutradara asal Kota Medan itu, merangkap 18 jabatan dalam proses pembuatan film.

Sutradara film ‘Selembar Itu Berarti’, Dedy Arliansyah Siregar me­ngatakan  proses pembuatan film melibatkan enam  kru dengan proses pengerjaan film selama dua pekan dengan lokasi syuting di  Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dan Langkat.

“Film ini terinspirasi berawal saat saya berpetualang di beberapa kabupaten di Sumut. Ternyata pendidikan di Indonesia belum merata. Di dalam film ini, sekolah gratis. Tapi, gak bisa makan. Jadinya, film ini menceritakan pendidikan yang belum merata,” ucap Dedy saat jumpa pers peluncur­an film ‘Selembar Itu Berarti’ di Me­dan, Sabtu (19/5) malam.

Dikatakan, film ini sarat dengan nilai edukasi dan dibuat untuk memberikan inspirasi kepada para pelajar agar bangkit dalam meraih cita-cita. Dedy mengaku dalam film ini dia tidak ingin mengeritik pemerintah.

Na­mun, hanya sebagai motivasi mem­perbaiki lebih baik lagi pendi­dikan di Indonesia.

“Film ini, mengajari anak-anak kita untuk mensyukuri apa yang dimiliki saat ini. Saat dilakukan roadshow ke beberapa kabupaten/kota di Indonesia dan setelah menonton film ini, ada anak yang meminta maaf kepada orang tuanya, karena mereka masih bisa bersekolah dan untuk itu mereka berjanji lebih giat lagi,” ujarnya.

Dijelaskan, film ‘Selembar Itu Ber­arti’ bercerita tentang perjalanan penuh liku kakak beradik, Putri dan Diaz. Setelah ditinggalkan kedua orang­tuanya, dalam keadaan terpuruk mereka mencoba  bertahan hidup de­mi mengejar impian untuk melanjutkan sekolah.

“Film ini Layak ditonton bersama keluarga. Sebuah film inspiratif dan mengharukan, banyak pelajaran yang dapat ditarik dari film ini.  Perjuang­an hidup Putri dan Diaz dapat mengu­ras­ air mata,” pungkasnya.

Film ‘Selembar Itu Berarti’ di­pro­duksi Mora Heart Production dan akan tayang di Bioskop, 24 Mei ini. Para pemain diperankan anak-anak Me­dan di antaranya Putri Dalilah Siagi­an, Raihan F Valendiaz, Yessica T Simanjuntak, Ratu Rizka Apriani, Cut Indah Rizky. Selain itu turut juga diperankan pemain film nasional seperti Anwar Fuadi, Raslina Rasyidin dan Jay Wijayanto. (wita) 

()

Baca Juga

Rekomendasi