DPRD Palas Minta Perusahaan Utamakan Pekerja Lokal

DPRD Palas Minta Perusahaan Utamakan Pekerja Lokal
Ketua DPRD Palas, Amran Pikal Siregar (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Padang Lawas - Perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Padang Lawas (Palas) diminta mengutamakan putra daerah sebagai karyawannya.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Palas, Amran Pikal Siregar, didampingi Wakil Ketua, Sahrin Hasibuan dan Ketua Komisi B, Fahmi A. Nasution.

Amran menjelaskan, saat Komisi B DPRD Palas melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bengkalis, Riau, pemerintah daerah di sana menekankan agar perusahaan yang beroperasi di wilayahnya harus mempekerjakan tenaga lokal minimal 30 persen.

Sementara di Kabupaten Palas banyak perusahaan yang tidak melibatkan putra daerah sebagai tenaga kerjanya. Bahkan untuk tenaga sekuriti dan buruh panen, banyak perusahaan yang memakai pekerja dari luar daerah.

"Karena itu kami menilai pentingnya Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda) membuat Perda tentang ketenagakerjaan sebagaimana yang telah diterapkan pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau," ujar Amran, Rabu (15/1).

Terpisah, Humas PT VAL Hutalombang, Anwar Saleh Harahap, mengatakan, manajemen kebun maupun pabrik perusahaannya tetap mempekerjakan putra daerah jatah proporsional.

"Artinya tidak ada yang monopoli, putra daerah tetap diutamakan," kata Anwar.

Menurutnya persentase putra daerah yang bekerja di PT VAL berjumlah antara 30 sampai 40 persen. Sedangkan di PT PHS Mananti pekerja lokal mencapai 48 persen.

(ATS/EAL)

Baca Juga