Harry dan Meghan Tidak Lagi Gunakan Gelar ‘Yang Mulia’

Harry dan Meghan Tidak Lagi Gunakan Gelar ‘Yang Mulia’
Pangeran Harry dan Meghan Markle (Daily Mail)

Analisadaily.com, Inggris - Pangeran Harry dan istrinya Meghan tidak akan lagi menjadi anggota kerajaan Inggris yang bekerja dan mereka akan membayar sendiri jalan hidup mereka saat memulai masa depan yang mandiri.

Istana Buckingham mengatakan, pasangan ini juga tidak akan lagi menggunakan gelar ‘Yang Mulia. Hal ini disampaikan dalam sebuah pengumuman untuk mengakhiri kekacauan awal bulan ini ketika mereka mengumumkan, ingin mengurangi tugas resmi dan menghabiskan lebih banyak waktu di Amerika Utara.

Sang ratu dan anggota keluarga senior bertemu pekan lalu untuk membahas situasi itu dan telah melakukan diskusi yang konstruktif dan bersahabat dengan para pejabat tentang bagaimana langkah mundur ini akan bekerja pada Harry dan Meghan.

"Harry, Meghan dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga saya yang sangat dicintai," kata Ratu Elizabeth dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh istana, merujuk pada bayi laki-laki pasangan itu dilansir dari Reuters, Minggu (19/1).

“Saya menyadari tantangan yang mereka alami sebagai hasil dari pengawasan ketat selama dua tahun terakhir dan mendukung keinginan mereka untuk kehidupan yang lebih mandiri,” sambung Ratu.

Sang ratu berkata, dia sangat bangga akan betapa cepatnya Meghan menjadi salah satu anggota keluarga. Pasangan itu menikah pada Mei 2018 dalam upacara mewah di rumahnya di Windsor Castle, sebelah barat London di depan jutaan pemirsa TV global.

Harry akan tetap menjadi pangeran dan pasangan itu akan mempertahankan gelar Duke dan Duchess of Sussex ketika mereka memulai perpecahan hidup baru antara Amerika Utara dan Inggris, tetapi mereka tidak akan mengambil bagian dalam acara upacara atau wisata kerajaan di masa depan.

Komentator kerajaan mengatakan itu sama dengan "turun tahta" dari keluarga kerajaan dan menunjukkan, di bawah kata-kata hangat, sang ratu telah mengambil garis tegas.

“Lebih sulit memikirkan istirahat yang jauh lebih bersih daripada ini. Harry dan Meghan masih anggota Keluarga Kerajaan, tetapi mereka secara efektif bukan lagi raja,” ujar koresponden kerajaan BBC, Jonny Dymond.

Meghan saat ini berada di Kanada bersama Archie dan Harry diharapkan akan segera bergabung dengannya.

Seorang juru bicara istana mengatakan pasangan itu tidak akan lagi menerima uang publik dan mereka akan membayar biaya perbaikan pondok mereka di Windsor, yang angka-angka resmi menunjukkan sebesar 2.4 juta pound ($ 3.1 juta).

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi