Gangguan Global, Sejumlah Layanan WhatsApp Bermasalah

Gangguan Global, Sejumlah Layanan WhatsApp Bermasalah
WhatsApp (Pixabay)

Analisadaily.com, Medan - Layanan pesan WhatsApp mengalami gangguan secara global, termasuk di Kota Medan sejak Minggu (19/1) petang.

Para pengguna tidak bisa mengirim pesan multimedia apapun, seperti gambar, GIF, stiker, file, dokumen, pesan suara (voice note), maupun membuat WhatsApp Status.

Meski demikian, layanan lain seperti mengirim pesan teks, kontak, dan melakukan panggilan suara atau video, masih bisa dilakukan. Pengiriman media masih dimungkinkan dengan cara meneruskan (forward) foto atau dokumen yang berasal pengguna lain.

Dilansir dari KompasTekno melalui situs Downdetector, terdapat 176 laporan WhatsApp error.

Dilihat dari sebaran peta, WhatsApp error tidak merata namun terjadi secara global. Beberapa negara terdampak di antaranya, Arab Saudi, Kuwait, Malaysia, India dan Indonesia.

Di Indonesia sendiri awalnya hanya terekam di sebagian wilayah Pulau Jawa. Namun perlahan hampir seluruh wilayah Indonesia juga mengalami gangguan, termasuk Kota Medan.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari pihak WhatsApp atau Facebook terkait gangguan tersebut.

Pengguna dari berbagai negara mulai mengeluhkan masalah WhatsApp di Twitter. Tagar #whatsappdown pun mulai bertebaran di linimasa Twitter.

"Gawat kali, gak bisa kirim foto via WA," tweet akun @agoengraharza.

"Ku kira paket ku habis. Dah di beli 15 GB, eh gbisa juga…" tweet @profmuda.

Hingga berita ini diturunkan pukul 19.50 WIB sejumlah layanan WhatsApp masih bermasalah.

Editor:  Eka Azwin Lubis

Baca Juga

Rekomendasi