Korban Meninggal Dunia Akibat Virus Corona 25 Orang

Korban Meninggal Dunia Akibat Virus Corona 25 Orang
Ilustrasi (Reuters)

Analisadaily.com, Beijing - Sebanyak 25 orang meninggal dunia akibat virus corona di China. Selain menimbulkan korban jiwa, virus juga menjangkiti lebih dari 800 orang.

Hal tersebut berdasarkan laporan pemerintah setempat, seperti dilansir dari Antara, Jumat (24/1). Sementara Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, keadaan tersebut darurat.

Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan, sebagian besar kasus muncul di kota penting seperti di Wuhan, tempat virus berasal.

Ketua Panel Komite Kedaruratan WHO, Didier Houssin menyebut, terlalu dini menganggap wabah sebagai kekhawatiran internasional darurat kesehatan masyarakat.

“Jangan salah, di China ini keadaan darurat, sebutnya.

Indonesia Siap Antisipasi Virus Corona

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Siswanto, dalam Pertemuan Ilmiah Berkala yang bertajuk Kesiap-siagaan Indonesia Dalam Antisipasi Wuhan Pneumonia di Gedung Pelayanan Publik Balitbangkes, Jakarta (17/1), menyatakan, Indonesia siap untuk mengantisipasi wabah tersebut.

“Siap (mengidentifikasi), kan punya lab. Lab-labnya sederhana, itukan labnya biomonokuler, pemeriksaannya dengan PCR yakni suatu reaksi untuk mengidentifikasi DNA dan RNA. Udah siap itu,'' kata Siswanto, dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan, kemkes.go.id.

Hal yang sama disampaikan Kepala Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, Vivi Setiawaty, bahwa laboratorium untuk mengantisipasi new emegency telah siap.

Hingga kini, jejaring juga sudah dibentuk, diperkuat dan diperluas mulai dari universitas, lembaga penelitian dan rumah sakit yang akan membantu mengambil spesimen-spesimen dari kasus yang dicurigai.

Pada 31 Desember 2019, Pemerintah Tiongkok melaporkan ke WHO Western Pacific Regional Office di Manila. Pada 5 Januari, WHO mengeluarkan statemen pertama, saat ini beberapa kasus sudah muncul tapi belum diketahui penyebabnya.

Pada tanggal 12 Januari disebutkan bahwa penyebabnya adalah Novel Coronavirus. Virus corona bisa menyebabkan penyakit yang ringan sampai berat, sekarang ini paling banyak dibicarakan adalah MERS-CoV dan SARS-CoV yang masih dalam satu kelurga.

Virus corona pada dasarnya dari binatang pindah ke manusia, dan 80% penyakit baru berasal dari zoonosis.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi