Wabah Virus Corona

Indonesia Tangguhkan Semua Penerbangan ke Wuhan

Indonesia Tangguhkan Semua Penerbangan ke Wuhan
Salah satu pesawat milik maskapai penerbangan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan telah mengumumkan penangguhan sementara semua penerbangan menuju dan dari Wuhan, China, yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan Indonesia.

Tindakan tersebut dilakukan di tengah merebaknya penyakit pneumonia yang disebabkan oleh virus corona, yang pertama kali terdeteksi pada Desember 2019 di China. Sriwijaya Air dan Lion Air membatalkan penerbangan harian ke Wuhan setelah dikeluarkannya pemberitahuan dari China kepada awak pesawat (NOTAM).

Dilansir dari The Jakarta Post, Jumat (24/1), NOTAM melaporkan, bahwa Bandara Internasional Wuhan akan ditutup, kecuali penerbangan darurat, mulai 23 Januari pukul 18.00 WIB hingga 2 Februari pukul 22.59 WIB.

Semua penerbangan dari Indonesia ke Wuhan akan dialihkan ke kota-kota lain di China, bunyi pernyataan dari kementerian.

"Kami berkoordinasi erat dengan semua maskapai di Indonesia untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus corona di Indonesia melalui penerbangan internasional," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti.

Direktorat jenderal telah mengeluarkan surat edaran ke semua maskapai pada 20 Januari 2020 yang mengharuskan distribusi kartu penasihat umum kepada staf karantina di gerbang kedatangan bandara, melaporkan setiap penumpang yang diduga terinfeksi ke petugas lalu lintas udara.

Kemudian mendistribusikan kartu penasihat kesehatan kepada semua penumpang yang datang dari negara yang terkena dampak, dan mendesak penumpang yang telah bepergian ke negara yang terkena dampak untuk melaporkan dugaan infeksi kepada petugas bandara.

"Kami mendesak semua pemangku kepentingan perjalanan udara untuk tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan mereka dalam mengantisipasi virus corona melalui perjalanan udara, karena kesehatan, keselamatan dan kenyamanan semua penumpang tanggung jawab bersama," sebutnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi