Akhir Pekan Tanpa 'Car Free Day', Kawasan Lapangan Merdeka Rawan Kecelakaan

Akhir Pekan Tanpa 'Car Free Day', Kawasan Lapangan Merdeka Rawan Kecelakaan
Dua mobil saling bersenggolan di Jalan Bukit Barisan, samping Lapangan Merdeka Medan, Minggu (25/1) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Tidak adanya aturan Car Free Day di kawasan Lapangan Merdeka Medan seperti yang biasa diberlakukan setiap akhir pekan, memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas, Minggu (26/1) pagi.

Dua unit mobil yang melaju di Jalan Bukit Barisan menuju Jalan Stasiun Kereta Api bersenggolan. Akibatnya kedua pemilik mobil ribut dan saling adu argumen.

Seorang wanita yang mengendarai mobil Toyota Innova BK 1345 DH terlibat adu mulut dengan pengendara Toyota Avanza BK 1035 AR hingga mengundang perhatian pengendara lain yang melintas.

"Beginilah jadinya kalau Car Free Day tidak ada. Pemerintah Kota Medan ini tidak serius. Padahal animo masyarakat yang ingin berolahraga cukup tinggi," kata Amrizal, Ketua Jurnalis Bersepeda Sehat Medan di lokasi kejadian.

Keributan antara kedua pengendara sempat menimbulkan kemacetan. Amrizal yang ada di lokasi kemudian memanggil petugas Sat Lantas Polrestabes Medan. Tak lama berselang, keributan pun mereda.

"Harusnya tiap akhir pekan di areal Lapangan Merdeka dibuat pembatas sehingga kendaraan seperti mobil dan sepeda motor tidak sembarangan masuk, ditambah lagi angkot-angkot yang laju sesuka hatinya sehingga masyarakat yang berolahraga tidak terganggu," imbaunya.

Sejumlah masyarakat yang kerap berolahraga di Lapangan Merdeka saat akhir pekan juga menyampaikan hal serupa. Harusnya setiap hari Minggu diberlakukan aturan Car Free Day.

"Petugas Dishub kami lihat ada, tapi mereka tidak mengatur lalu lintas di sekitar Lapangan Merdeka," ujar seorang warga, Fery.

Menurutnya juru parkir liar di sekitar Lapangan Merdeka juga kerap menimbulkan kemacetan. Jukir liar ini selalu asal-asalan menempatkan kendaraan di pinggir jalan.

"Tabrakan mobil tadi juga salah juru parkir itu. Dia enggak lihat-lihat atur kendaraan sehingga kendaraan yang lain menyenggol kendaraan yang hendak parkir," ucapnya.

Fery berharap aturan Car Free Day kembali diberlakukan sehingga masyarakat yang hendak berolahraga tidak terganggu dengan aktivitas kendaraan.

"Kita berharap aturan Car Free Day setiap akhir pekan di kawasan Lapangan Merdeka ini dibuat. Biar masyarakat yang berolahraga tidak terganggu," pintanya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi