Masyarakat Dipermudah Akses Informasi Melalui Aplikasi HABA

Masyarakat Dipermudah Akses Informasi Melalui Aplikasi HABA
Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dan Kadis Kominfo dan Persandian Aceh, Marwan Nusuf, me-launching aplikasi HABA (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Pemerintah Aceh melalui Dinas Komunikasi, Informasi, dan Persandian, meluncurkan aplikasi Halaman Berita Aceh (HABA). Aplikasi yang sudah bisa diunduh para pengguna telepon genggam Android di Google PlayStore ini mempermudah masyarakat mengakses segala informasi tentang Aceh.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan, aplikasi HABA adalah pusat data yang menampilkan informasi tentang layanan publik di Aceh. Baik dalam menyampaikan hal-hal positif ataupun meminimalisir informasi negatif.

“Diharapkan aplikasi HABA bisa bermanfaat bagi masyarakat,” katanya, Sabtu (15/2).

Nova menyebutkan, era keterbukaan informasi merupakan hal yang tak bisa dibendung. Semua informasi yang ada di lembaga dan institusi pemegang kebijakan, sepanjang tidak masuk dalam informasi rahasia, harus disampaikan kepada masyarakat luas.

Pemerintah Aceh termasuk salah satu daerah yang sangat taat menerapkan kebijakan keterbukaan informasi publik.

“Kita selalu mendapatkan penghargaan nasional selama 5 tahun terakhir, dan kita termasuk yang punya posisi baik dalam pengembangan keterbukaan informasi publik di Aceh,” ucap Nova.

Aplikasi HABA merupakan sebuah inovasi dan terobosan yang dinilai sangat dibutuhkan masyarakat. Apalagi di tengah kemajuan teknologi informasi yang telah membuat dunia sedemikian kecil.

“Untuk itu, HABA bisa mempermudah siapapun untuk mendapatkan informasi di Aceh,” ujarnya.

Kepada seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) diimbau menyediakan informasi secepat mungkin, sehingga setiap informasi di aplikasi HABA dapat diperbaharui setiap saat.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Aceh, Marwan Nusuf mengatakan, aplikasi HABA sebuah wadah yang dikembangkan secara terintegrasi untuk mempermudah masyarakat luas memperoleh informasi.

Pihaknya bekerja sama lintas SKPA untuk mengumpulkan informasi secara terintegrasi. Info seperti data pemadam kebakaran, data fasilitas kesehatan, informasi harga pangan hingga informasi terkait Indeks Pencemaran Udara (IPU) terangkum dalam aplikasi HABA.

Ada juga informasi jadwal waktu perkiraan tibanya bus Transkoetaradja dan jadwal pesawat, data wisata, data SPBU, serta data informasi masjid se Aceh. Pengguna aplikasi ini juga bisa membuat laporan langsung pengaduan kepada pemerintah Aceh, memilih nomor telepon darurat dan mengikuti survei yang dilakukan.

“Kita mencoba mengintegrasikan layanan informasi yang selama ini disediakan oleh masing-masing SKPA lewat satu aplikasi yaitu HABA,” kata Marwan.

Aplikasi HABA dirancang tim pengembangan Sistem Informasi Aceh Terpadu (SIAT). Aplikasi ini telah dikembangkan dalam dua versi mobile, yaitu untuk pengguna Android dan IOS. Bagi pengguna Android aplikasi HABA sudah tersedia di PlayStore.

“Sementara bagi pengguna IOS, bersabar. Saat ini pihak Apple Store tengah memvalidasi,” sebutnya.

(MHD/RZD)

Baca Juga