Manchester City Dilarang Tampil 2 Musim di Champions League

Manchester City Dilarang Tampil 2 Musim di Champions League
Manchester City (City Watch)

Analisadaily.com, Manchester - Klub Manchester City telah dilarang mengikuti kompetisi UEFA selama dua musim berikutnya dan didenda 30 juta Euro atau setara dengan 24,9 juta Pounds setelah ditemukan melakukan pelanggaran serius terhadap peraturan keuangan.

Dilansir dari Sports Mole, Sabtu (15/2), juara Premier League melebih-lebihkan pendapatan sponsor dalam akun yang diajukan antara 2012 dan 2016, menurut badan sepak bola Eropa. Keputusan Kamar Ajudikasi Club Financial Control Body (CFCB) tunduk pada banding ke Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS).

“Kamar Ajudikasi, setelah mempertimbangkan semua bukti, telah menemukan bahwa Klub Sepak Bola Manchester City melakukan pelanggaran serius terhadap Peraturan UEFA Club Licensing dan Financial Fair Play dengan melebih-lebihkan pendapatan sponsor dalam akun-akunnya, dan dalam informasi impas yang diserahkan ke UEFA antara 2012 dan 2016,” pernyataan UEFA.

“Kamar Ajudikasi telah memberlakukan tindakan disiplin pada Manchester City Football Club, mengarahkan bahwa itu akan dikeluarkan dari partisipasi dalam kompetisi klub UEFA dalam dua musim berikutnya (yaitu: musim 2020/21 dan 2021/22) dan membayar denda 30 juta Euro.”

City mengatakan mereka kecewa tetapi tidak terkejut dengan pengumuman UEFA dan akan mengajukan banding terhadap hukuman kepada CAS.

“Manchester City kecewa, tetapi tidak terkejut dengan pengumuman hari ini oleh Kamar Adjudicatory UEFA. Klub selalu mengantisipasi kebutuhan pamungkas untuk mencari badan independen dan proses untuk secara imparsial mempertimbangkan badan komprehensif bukti yang tak terbantahkan untuk mendukung posisinya. Sederhananya, ini adalah kasus yang diprakarsai oleh UEFA, dituntut oleh UEFA dan diadili oleh UEFA,” pernyataan City.

“Dengan proses prasangka ini sekarang berakhir, klub akan melakukan penilaian yang tidak memihak secepat mungkin dan karena itu, dalam contoh pertama, akan memulai proses dengan Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga pada kesempatan paling awal.”

City dijadwalkan menghadapi Real Madrid di babak 16 besar Champions League musim ini, dengan leg pertama pertandingan itu akan dimainkan pada 26 Februari 2020 di Santiago Bernabeu. Dengan tidak adanya banding yang berhasil, pihak Pep Guardiola tidak akan dapat bersaing dalam kompetisi sampai kampanye 2022/23.

Temuan yang diterbitkan oleh UEFA juga menyatakan bahwa klub gagal bekerja sama dalam penyelidikan kasus ini oleh CFCB. Jika banding City tidak berhasil dan mereka selesai di empat besar Premier League musim ini, tim yang selesai di posisi kelima akan menggantikan mereka di Champions League musim depan.

Sheffield United menempati tempat kelima memasuki akhir pekan, dengan Tottenham, Everton, Manchester United, dan Wolves juga saat ini berada di posisi yang baik.

“Sebuah klub yang tidak mengikuti kompetisi digantikan oleh klub dengan posisi terbaik berikutnya di kejuaraan domestik teratas dari asosiasi yang sama, asalkan klub memenuhi kriteria penerimaan,” bunyi klausa 4.08 dari peraturan Champions League UEFA.

Financial Fair Play (FFP) diperkenalkan oleh UEFA sebagai upaya untuk mencegah klub mengalami kesulitan keuangan serius dengan pengeluaran berlebih.

Peraturan, yang harus ditaati oleh semua klub yang berpartisipasi dalam kompetisi UEFA, disusun pada 2009 dan diperkenalkan pada awal musim 2011-12, dengan klub diminta untuk menyeimbangkan buku mereka selama tiga tahun.

Setelah sebelumnya dihukum pada tahun 2014, City menerima penyelesaian yang mencakup denda 49 juta Pounds, batas 49 juta Pounds terkait pengeluaran transfer untuk musim saat ini dan batas 21 pemain untuk ukuran skuad Champions League, bukan 25 yang biasa.

UEFA membuka penyelidikan baru ke City setelah serangkaian tuduhan baru tentang klub di media, yang dipimpin oleh majalah Jerman, Der Spiegel. Diduga pelanggaran FFP City pada periode yang sama berjalan jauh lebih dalam daripada yang disadari UEFA pada saat penyelesaian 2014.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi