Masyarakat Padang Sidimpuan Dukung Penuh Polisi Berantas Narkoba

Masyarakat Padang Sidimpuan Dukung Penuh Polisi Berantas Narkoba
Foto bersama sejumlah elemen masyarakat anti narkoba di Kota Padang Sidimpuan (Analisadaily/Hairul Iman Hasibuan)

Analisadaily.com, Padang Sidimpuan - Sejumlah elemen masyarakat mendukung penuh apart kepolisian dalam memberantas peredaran narkoba di Kota Padang Sidimpuan.

"Peredaran narkoba di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) khususnya Kota Padang Sidimpuan sudah sangat mengkhawatirkan, langkah Kapolres Tapsel dan Kota Padang Sidimpuan dalam menindak tegas para pelaku tanpa 'tebang pilih' layak diapresiasi," ujar Ketua Badan Komunikasi Remaja Masjid Indonesia (BKRMI) Kota Padang Sidimpuan, Muhammad Asroi Hasibuan, Selasa (10/3).

Asroi menjelaskan maraknya peredaran narkoba beberapa tahun terakhir di Tabagsel khususnya Kota Padang Sidimpuan tidak lepas dari lemahnya andil penegak hukum dan peran serta elemen masyarakat dalam memberantasnya.

"Sudah lama masyarakat resah, tapi tidak bisa berbuat banyak karena merasa jika dilaporkan ke pihak berwajib, paling yang diproses pelaku kelas teri, bukan para bandar yang namanya sudah tidak menjadi rahasia umum di Padang Sidimpuan," jelasnya.

Ketika Polres Tapsel dan Polres Padang Sidimpuan mulai menjalankan instruksi Kapolda Sumut, Irjen Pol. Martuani Sormin, dalam memberantas kejahatan khususnya narkoba di bumi dalihan natolu, BKRMI mendukung penuh dan siap memberikan andil dalam pemberantasan narkoba hingga ke akar-akarnya.

Hal senada dikatakan Ketua Front Pembela Islam (FPI) Kota Padang Sidimpuan, Parlaungan. Menurutnya generasi muda di daerahnya sudah banyak menjadi korban bandar narkoba yang beroperasi beberapa tahun terakhir.

"Narkoba sudah meracuni lapisan masyarakat Padang Sidimpuan mulai tingkat pelajar, mahasiswa, pegawai hingga aparat. Jika dibiarkan, entah bagaimana masa depan kota ini ke depan," keluhnya.

Parlaungan mengaku optimis peredaran narkoba di Tabagsel khususnya Kota Padang Sidimpuan bisa diberantas hingga ke akar-akarnya di bawah kepemimpinan Kapolda Sumut, Irjen Pol. Martuani Sormin.

"Kapolres Padang Sidimpuan AKBP Juliani Prihatini, Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib dibantu Dandim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Novrizal Yusananto juga sudah menunjukkan komitmennya, dibuktikan rutinnya penangkapan para pelaku narkoba dari berbagai kalangan beberapa pekan terakhir," tegasnya.

Diharapkannya, masyarakat juga dapat berperan aktif membantu pihak kepolisian dalam memberantas peredaran narkoba, agar memudahkan aparat meringkus para bandar besar di daerah mereka.

"Dengan peran aktif masyarakat, akan memudahkan pihak kepolisian dalam memberantas narkoba di kota ini," ujarnya.

Apresiasi

Sebagai bentuk apresiasi atas tindak tegas Kapolda Sumut, Kapolres Padang Sidimpuan dan Kapolres Tapsel dalam memberantas narkoba, sejumlah dukungan masyarakat melalui papan bunga menghiasi Mapolres Tapsel dan Mapolres Padang Sidimpuan.

"Papan bunga ini bentuk apresiasi kami atas komitmen Polres Padang Sidimpuan dan Polres Tapsel dalam memberantas narkoba di bumi dalihan natolu," ujar salah seorang warga Padang Sidimpuan, Irfan Siregar.

(HIH/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi