Raja dan Ratu Belanda Diberi Ulos Pinuncaan

Raja dan Ratu Belanda Diberi Ulos Pinuncaan
Raja dan Ratu Belanda disambut warga di Desa Adat Dusun Siambat Dalan, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Kamis (12/3) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Toba - Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti tiba di Desa Adat Dusun Siambat Dalan, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba. Selain disambut tarian Batak 'Tortor Panomunomuan'. Raja dan Ratu Belanda juga diberi ulos, sebagai bentuk penghormatan.

Di desa yang berusia 400 tahun itu, Raja dan Ratu Belanda bersama Menko Maritim Luhut Panjaitan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi, Kreatif Wishnutama Kusubandio mengelilingi tujuh rumah adat di dusun itu.

"Kita pakaikan Ulos Pinuncaan, ulos khas Batak, itu biasa digunakan untuk menyambut tokoh Batak dan untuk saat ini sebagai tamu penghormatan kita berikan kepada keduanya," kata Kepala Desa Lintong Nihuta, Holong T Simanjuntak.

Raja dan Ratu Belanda saat memperhatikan seorang warga yang merajut ulos di Desa Adat Dusun Siambat Dalan, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Kamis (12/3)
Holong menjelaskan, kain yang dibuat merupakan rajutan khas Desa Lintong Nihuta yang khsusus disiapkan untuk Raja dan Ratu Belanda. "Ulos ini disiapakan dalam waktu satu bulan oleh pengerajinnya," papar Holong.

Menurut Holong, bila ulos itu dijual jumlahnya bisa sampai Rp 5 juta, lantaran menggunakan rajutan tangan. Harga itu lebih mahal dari ulos biasa, yang harganya Rp 300 sampai Rp 700 ribu.

Selanjutnya usai diulosi, Raja dan Ratu berbincang-bincang degan tetua adat sebelum akhirnya meninggalkan lokasi. Keduanya berada di sana pukul 11.00 sebelum akhirnya melanjutkan kunjungan ke Institute Del dan Silih Malombu di Kabupaten Samosir.

Kemudian beristirahat di Inna Parapat dan diakhiri dengan berangkat ke Bandara Kualanamu lewat jalan darat.

Kunjungan kenegaraan Raja dan Ratu Belanda ke Indonesia membawa misi untuk peningkatan kerja sama bilateral di bidang ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia.

Sebelum ke Danau Toba Willem Alexander dan Maxima melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Kemudian, melanjuti perjalanan ke Yogyakarta dan terakhir ke Danau Toba, Sumatera Utara.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi