All England 2020

Praveen/Melati Lolos Semifinal, Tiga Pasangan Masih Berjuang di Perempatfinal

Praveen/Melati Lolos Semifinal, Tiga Pasangan Masih Berjuang di Perempatfinal
Pasangan Hendra Setiawan/Mohamamd Ahsan (All England)

Analisadaily.com, Birmingham - Meski hasil mengecewakan datang dari nomor tunggal putra, tunggal putri dan ganda putri, Indonesia masih memiliki peluang meraih gelar juara dari dua nomor lainnya di All England 2020.

Empat wakil Indonesia melaju ke perempat final, masing-masing dua dari nomor ganda putra dan dua dari nomor ganda campuran. Bahkan salah satunya sudah lolos ke semifinal.

Mereka adalah pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, serta pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Kevin/Marcus yang pada All England 2019 terhenti di babak pertama akan berusaha menembus semifinal dengan menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia).

Dari head to head keduanya, Minions lebih difavoritkan menang setelah tercatat sapu bersih kemenangan dalam enam pertemuan.

Ganda putra lainnya yang juga lolos ke perempat final adalah Hendra Setiawan/Mohamamd Ahsan yang akan menghadapi Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang).

Laga ini diprediksi bakal sengit karena pasangan Endo/Watanabe memiliki pertahanan bagus. Pertemuan terakhir mereka tersaji di BWF World Tour Finals 2019.

Saat itu The Daddies, julukan fans badminton kepada Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dibuat susah payah oleh Endo/Watanabe. Meski kemenangan akhirnya digenggam pasangan gaek ini dengan skor 24-22, 21-19.

Sementara dari nomor ganda campuran, Hafiz/Gloria yang merupakan unggulan delapan bakal menemui jalan yang cukup berat menghadapi unggulan tiga asal Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

Dalam empat laga sebelumnya, Hafiz/Gloria selalu menelan kekalahan. Pertemuan terakhir mereka di China Open 2019, Hafiz/Gloria kandas dengan skor 14-21, 19-21.

Langkah positif ditorehkan Praveen/Melati yang sudah memastikan lolos ke semifinal setelah menyingkirkan unggulan kedua dari China, Wang Yi Lyu/Huang Dong Peng dengan skor 15-21, 21-19 dan 21-19.

Di atas kertas, pasangan China lebih diunggulkan menilik head to head keduanya. Yi Lyu/Dong Peng tercatat enam kali menang dari tujuh kali pertemuan.

Akan tetapi kerja keras Praveen/Melati membuahkan hasil. Ini merupakan kemenangan kedua beruntun atas pasangan Yi Lyu/Dong Peng setelah di Denmark Open 2019.

Di semifinal Praveen/Melati akan menghadapi pasangan tuan rumah, Marcus Ellis/Lauren Smith.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi