Kapolsek Secanggang Bubarkan Hajatan Kepala Desa

Kapolsek Secanggang Bubarkan Hajatan Kepala Desa
Kapolsek Secanggang, Iptu Mahruzar Sebayang, saat membubarkan hajatan Kepala Desa Teluk, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Jumat (27/3) (Analisadaily/Hery Putra Ginting)

Analisadaily.com, Secanggang - Polisi terpaksa membubarkan tiga hajatan warga yang salah satunya hajatan Kepala Desa Teluk di Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Jumat (27/3).

Kapolsek Secanggang, Iptu Mahruzar Sebayang mengatakan, pembubaran acara yang mengundang banyak orang itu sesuai Maklumat Kapolri Nomor: Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

"Termasuk juga imbauan dari Forkopimca Secanggang yang salah satu poin menyebut, menghindari kegiatan ataupun tempat-tempat keramaian. Bila salah satu poin dalam maklumat tersebut dilanggar, maka pihak kepolisian boleh melakukan tindakan sesuai peraturan yang berlaku," kata Mahruzar kepada Analisadaily.com.

Selain itu, sambung Mahruzar, sehari sebelumnya, pihaknya sudah datang ke rumah Kepala Desa Teluk untuk mengingatkan agar menunda penyelenggaraan resepsi perkawinan atau tidak menyediakan meja kursi di hari H, tetapi resepsi tetap dilaksanakan.

"Sehari sebelumnya saya, bersama Camat Secanggang, Persadanta Sembiring datang ke rumah Kepala Desa Teluk untuk mengimbau dan mengingatkan agar menunda acara resepsi atau tidak menyediakan meja kursi, namun sepertinya tidak diindahkan, ya terpaksa kami bubarkan," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, selain membubarkan resepsi perkawinan di Desa Teluk, dia bersama Kanit Binmas, Aiptu Anthoni Ketaren dan anggota Koramil 08 Secanggang juga membubarkan resepsi yang sama di Dusun XIV Paluh Ibus, Desa Karang Gading, serta resepsi di Desa Perkotaan.

"Ya hari ini ada tiga resepsi warga yang kami bubarkan. Sebab kami sudah ingatkan kepada warga yang akan menggelar hajatan yang mengumpulkan banyak orang untuk menunda terlebih dahulu kegiatan tersebut sampai ada keputusan pemerintah yang menyatakan situasi dan kondisi benar-benar aman dari wabah ini," imbuhnya.

Untuk meminimalisir penyebaran virus corona, kembali Mahruzar mengimbau warga agar menjaga jarak minimum satu meter apabila berbicara dengan orang lain, sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun atau membersihkan dengan hand sanitizer.

"Selanjutnya istirahat yang cukup, menghindari kegiatan ataupun tempat- tempat keramaian, menggunakan masker, tidak berada di luar rumah jika tidak ada kepentingan yang sangat perlu dan jangan panik karena pemerintah telah mengupayakan pencegahan penularan virus corona," tandasnya.

(HPG/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi