Jalan Rusak Batas Karo-Deli Serdang Mulai Diperbaiki

Jalan Rusak Batas Karo-Deli Serdang Mulai Diperbaiki
Sabuah truk terjebak di lubang tikungan antara km 48-49 jalan Medan-Berastagi, Jumat (27/3) (Analisadaily/Alex Ginting)

Analisadaily.com, Berastagi - Dampak kerusakan di badan jalan nasional jurusan Medan-Berastagi, khususnya di kilometer 48-49 di atas Bandarbaru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang sering membuat kendaraan mogok.

Mogoknya kendaraan berat umumnya datang dari arah Medan menuju Berastagi saat melintasi lubang yang relatif dalam di tikungan antara km 48-49. Akibatnya sering terjadi kemacetan di kawasan tersebut.

Karenanya, PPK 4.4 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumut di Medan segera memperbaiki sehingga ruas jalan yang selama ini rusak dan berlubang-lubang kembali diaspal.

"Arus lalu lintas kini kembali lancar," kata PPK 4.4, BBPJN Sumut Aidil Sahrul di Berastagi, Minggu (29/3)

Menurutnya, badan jalan yang tergerus dan berlubang-lubang disebabkan buangan air limbah dari warung-warung pencucian mobil dan tumpahan truk-truk tangki pembawa air bersih saat melintas ke Medan.

"Perbaikan dengan aspal hotmix dengan sistem pekerjaan cap. Dananya dari dana pemeliharaan rutin kondisi untuk kontrak tahun 2020 oleh penyedia jasa PT Manel Star," jelasnya.

Selain itu, perbaikan sejumlah ruas jalan nasional dan drainase jurusan Medan-Berastagi juga sedang dalam pekerjaan dengan anggaran berkisar Rp 19 miliar dari APBN 2020.

"Kita mengharapkan partisipasi masyarakat dan elemen pemuda agar perbaikan ini dapat berjalan lancar guna kenyamanan kita bersama berlalu lintas," harap Aidil.

Pantauan Analisadaily.com sebelum perbaikan, beberapa truk sarat muatan terpaksa raun di setiap tikungan menghindari lubang-lubang besar dan kerusakan badan jalan lainnya akibat gerusan air. Bahkan ada juga truk yang terjebak dalam lubang saat berada di tikungan.

(ALEX/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi