Puluhan Ribu TKI Asal Aceh di Malaysia Terancam Kelaparan

Puluhan Ribu TKI Asal Aceh di Malaysia Terancam Kelaparan
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Aceh, Sudirman (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Puluhan ribu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Aceh yang berada di Malaysia saat ini dilaporkan tidak lagi mempunyai stok makanan, bahkan ada yang sudah mulai kelaparan karena perpanjangan masa lockdown (karantina wilayah) fase ketiga di Malaysia hingga 28 April 2020.

Keprihatinan tersebut diungkapkan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Aceh, Sudirman atau akrab disapa Haji Uma, setelah ia mendapatkan informasi dan berkomunikasi langsung dengan para TKI asal Aceh di negeri jiran itu.

Ia berharap agar Pemerintah Aceh segera bersikap dan memberikan perhatian terhadap nasib TKI tersebut, dengan mengirimkan bantuan untuk mereka, sehingga bisa selamat dari ancaman kelaparan.

"Kita berharap Pemerintah Aceh segera mengirimkan bantuan untuk para TKI asal Aceh di Malaysia sambil menunggu berakhirnya masa lockdown, dan mereka dapat kembali bekerja, kembalikan hak mereka yang selama ini tidak mereka gunakan," ujar Sudirman di Banda Aceh, Minggu (12/4).

Sudirman meminta Pemerintah Aceh untuk tidak bersikap diskriminatif terhadap keberadaan TKI asal Aceh di Malaysia dalam penanganan Coronavirus Disease (COVID-19). Ia berharap mereka tetap diperlakukan sama dengan masyarakat Aceh lainnya.

"Pemerintah Aceh jangan mendiskriminasi TKI Aceh di Malaysia, sementara beberapa waktu lalu ketika para mahasiwa Aceh yang terperangkap di Wuhan, China meminta bantuan, Pemerintah Aceh langsung mengirim sejumlah dana termasuk membiayai mereka pulang ke Aceh," tegasnya.

Diungkapkannya, harus diakui bahwa ketiadaan para TKI tersebut di Aceh selama ini telah banyak menghemat anggaran Aceh baik APBA maupun APBK, mereka tidak menggunakan BPJS, tidak berebut BBM subsidi, tidak makan beras raskin, listrik subsidi dan tidak menggunakan subsidi lainnya seperti masyarakat lainnya yang ada di Aceh saat ini.

Ia menambahkan, para TKI asal Aceh yang terperangkap di Malaysia saat ini tetap harus diperlakukan sama, mereka juga rakyat Aceh yang sedang mencari nafkah di negeri orang karena kita tidak mampu memberi mereka pekerjaan.

Namun saat ini karena perpanjangan lockdown di Malaysia telah menyebabkan para TKI Aceh di Malaysia tidak bisa bekerja, sehinggs mereka ada yang terkurung dan tidak bisa kembali ke Aceh untuk sementara waktu.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi