WHO Hentikan Uji Coba Hidroksi Kloroquine untuk Corona

WHO Hentikan Uji Coba Hidroksi Kloroquine untuk Corona
Ilustrasi (Pixabay/Geralt)

Analisadaily.com, Geneva - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyatakan telah menghentikan sementara pengujian obat malaria hydroxychloroquine pada pasien Covid-19 karena masalah keamanan.

Hydroxychloroquine telah dipuji oleh Donald Trump dan yang lainnya sebagai pengobatan yang mungkin untuk penyakit yang disebabkan oleh Coronavirus yang baru. Presiden AS mengatakan dia menggunakan obat itu untuk membantu mencegah infeksi.

"Kelompok eksekutif telah menerapkan jeda sementara dari lengan hidroksi klorokuin dalam uji solidaritas. Sementara data keselamatan ditinjau oleh dewan pemantauan keamanan data," Tedros mengatakan pada briefing online, Senin (26/5).

Dia juga mengatakan, inisiatif internasional utama untuk mengadakan tes klinis pengobatan potensial untuk virus, terus berlanjut.

WHO sebelumnya merekomendasikan untuk tidak menggunakan hydroxychloroquine untuk mengobati atau mencegah infeksi coronavirus, kecuali sebagai bagian dari uji klinis.

Dr Mike Ryan, kepala program kedaruratan WHO, mengatakan keputusan untuk menunda uji coba hydroxychloroquine telah diambil dengan penuh kehati-hatian.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi