Ulama dan Tokoh Agama Tolak Pengunduran Diri Bupati Bener Meriah

Ulama dan Tokoh Agama Tolak Pengunduran Diri Bupati Bener Meriah
Ulama dan tokoh agama Bener Meriah menolak pngunduran diri bupati (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Bener Meriah - Bupati Bener Meriah, Tgk. Sarkawi, menyampaikan rencana pengundurkan diri dari jabatannya usai Salat Idul Fitri di Lapangan Masjid Agung Babussalam, Simpang Tiga, Minggu (24/5) lalu.

Beragam komentar disampaikan masyarakat terkait rencana tersebut. Ada yang mendukung dan banyak pula yang menolaknya.

Penolakan terhadap rencana Tgk. Sarkawi mundur sebagai Bupati Bener Meriah muncul dari Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Bener Meriah, Baitul Mal, FKBRMI, MKUB, LPPTKA, RTA dan MAG.

Hal itu disampaikan masing-masing perwakilan dalam konferensi pers yang digelar di Aula MPU Bener Meriah, Aceh, Rabu (27/5).

Ketua MPU Bener Meriah, Tgk. Almuzani, mengimbau untuk mengambil sikap yang arif dan bijaksana agar bupati selalu berobat dan bisa melanjutkan tugasnya seperi biasanya.
"Kami beserta para ulama dan para teungku dalam hal menyikapi statemen yang telah dilontarkan bupati tersebut dalam hal mengundurkan diri dari jabatannya, MPU beserta jajaran menyarankan agar Tgk Sarkawi menarik kembali ucapan untuk tidak mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Bupati," kata Tgk. Almuzani.

Ketua Baitul Mal Bener Meriah, Tgk. Pakamuddin menyampaikan, pihaknya menyatakan sikap menolak rencana pengunduran diri Abuya Sarkawi sebagai bupati.

"Karena banyak hal yang kami pertimbangkan ke depan dan masih banyak tugas-tugas yang harus dilakukan. Untuk itu kami menolak pengunduran diri beliau," ujar Tgk Pakamuddin.

Sementara Ketua Masyarakat Kerukunan Umat Beragama (MKUB) Bener Meriah, Tgk. Abdul Rahman Lamno menegaskan, pihaknya menolak pernyataan sikap tentang pengunduran diri Tgk Sarkawi sebagai bupati.

"Secara pribadi dan jajaran, dalam menyikapi pengunduran diri sebagai bupati dengan banyak hal yang harus kita pertimbangkan ke depan dan tugas-tugas yang masih banyak untuk dilaksanakan. Maka dengan ini kami menyatakan sikap menolak pengunduran diri tersebut," terangnya.

Terkait alasan karena sakit yang diderita, ia berharap penyakit yang diderita bupati segera sembuh dan berharap terus melanjutkan jabatan beliau sampai tahun 2022.

"Kami berharap atas sakit yang diderita beliau tidak menyebabkan beliau mundur dari jabatannya dan terus melanjutkan jabatannya sampai tahun 2022 mendatang," harapnya.

Selanjutnya Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al Qur'an (LPPTKA) Bener Meriah, Hartono mengatakan, pihaknya mendoakan semoga Sarkawi lekas sembuh dan LPPTKA tidak dapat menerima beliau mundur sebagai bupati.

Ketua Remaja Masjid Bener Meriah, Tgk. Suhada, menyatakan jajaran Remaja Masjid Bener Meriah selalu mendoakan Tgk. Sarkawi di masjid-masjid agar bupati selalu diberi kesehatan.

"Dan kami tetap berharap beliau sebagai Bupati Bener Meriah sesuai dengan visi misi beliau. Untuk itu kami menolak pengunduran diri," tegasnya.

Ketua Rabitah Thaliban Aceh (RTA) Bener Meriah, Tgk. Anwar Sadat menegaskan, apabila karena alasan sakit, bupati mengundurkan diri dan tetap bertahan mengundurkan diri, maka pihaknya juga akan mengundurkan diri dari RTA.

Sebelumnya penolakan tersebut juga datang dari Himpunan Pemuda Mahasiswa Pelajar Bener Meriah (HPBM) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

(MHD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi