Pertamina: BBM Terkontaminasi Dijual Oknum SPBU Non Operasional

Pertamina: BBM Terkontaminasi Dijual Oknum SPBU Non Operasional
Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina MOR I, Roby Hervindo (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Informasi beredar mengenai produk BBM jenis Dexlite yang ditenggarai terkontaminasi. BBM diduga berasal dari SPBU di Pancur Batu, Kota Medan.

Mendengar informasi tersebut, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I menurunkan tim untuk memeriksa ke lapangan. Dari hasil pengecekan internal, SPBU di Jalan Jamin Ginting-Pancur Batu nomor 14.203.170 sudah tidak beroperasi sejak Agustus 2019.

Hal itu dikarenakan SPBU tersebut belum mendapatkan izin penggunaan lahan. Sesuai standar operasional perusahaan, Pertamina langsung menghentikan penyaluran BBM ke SPBU tersebut.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan kami, diduga oknum SPBU menjual sisa stok yang ada dalam tangki tanpa sepengetahuan dan izin Pertamina,” kata Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina MOR I, Roby Hervindo, Jumat (29/5).

Roby menambahkan, kandungan air yang terdapat pada BBM Dexlite dari SPBU tersebut diperkirakan berasal dari sisa penguapan dalam tanki SPBU. Karena sejak lama tidak digunakan, terkumpul penguapan sehingga mengkontaminasi stok BBM dalam tangki.

“Pertamina sudah menurunkan tim untuk menyegel seluruh nozzle dispenser di SPBU tersebut. Sehingga menghindari digunakan kembali tanpa sepengetahuan. Pertamina juga melakukan pemeriksaan dan pencatatan sisa stok serta totalisator,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi