Lagi, 5 Pasien Covid-19 di Aceh Sembuh

Lagi, 5 Pasien Covid-19 di Aceh Sembuh
Personel Brimob Detasemen B Polda Aceh menyemprotkan cairan disinfektan di Terminal Lhokseumawe, Aceh, Jumat (12/6/2020) (ANTARA FOTO/Rahmad)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Di tengah kabar terus bertambahnya pasien positif terinfeksi virus corona Covid-19 di Aceh, juga muncul kabar gembira.

Dalam dua hari terakhir, empat pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh dinyatakan sembuh. Satu orang juga sembuh usai isolasi mandiri.

Hingga saat ini, dari total 79 pasien positif Covid-19 di Aceh, sudah 25 orang yang sembuh. Sementara 52 orang lagi masih menjalani perawatan di rumah sakit rujukan kabupaten/kota, dan 2 orang yang meninggal dunia.

Mereka dinyatakan sembuh setelah hasil swab-nya di laboratorium Balai Litbangkes Aceh dua kali berturut-turut negatif Covid-19.

Kabar tentang adanya pasien Covid-19 yang sembuh itu diperoleh dari Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif di Banda Aceh. Mereka yang dinyatakan sembuh adalah MD (37), SH (45) dan MN (18).

MD merupakan pelaut Filipina yang dua minggu lalu dievakuasi dari kapal tempatnya bekerja karena sakit, saat kapal tersebut melintasi perairan Aceh. Ia dirawat di RSUDZA Banda Aceh. Saat dirawat dan kemudian di-swab ketahuan ia positif Covid-19.

Namun, berdasarkan hasil swab nasofaring dan orofaring (tenggorokan dan hidung) yang diambil tanggal 24 dan 25 Juni 2020, WNA asal Filipina ini sudah negatif atau sembuh dari infeksi Covid-19.

Pasien lainnya yang sembuh dari Covid-19 pada 28 Juni 2020 adalah SH (45). Perempuan ini awalnya pasien di RSUD Cut Meutia Aceh Utara. Tapi karena keterbatasan ruang isolasi di sana, ia akhirnya dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh.

Hasil swab spesimen lendir tenggorokan dan hidungnya yang diambil tanggal 22 dan 24 Juni 2020 keduanya menunjukkan hasil negatif. Ini pertanda dia sudah sembuh dari jangkitan corona.

Pasien terakhir yang juga sembuh adalah MN (18), warga Lhoksukon. Gadis ini juga berasal dari klaster penularan Lhokseumawe dan Aceh Utara, kemudian dirawat di RSUDZA Banda Aceh.

Dua kali hasil swab-nya berturut-turut negatif, yakni swab yang diambil pada tanggal 20 dan 24 Juni 2020.

Selain tiga orang itu, kata Hanif, ada dua lagi yang dinyatakan sembuh, Sabtu kemarin. Yakni IM (29), warga Medan, karyawan bank syariah yang barusan pindah tugaa dari Medan ke Banda Aceh.

Dua kali hasil swab-nya berturut-turut negatif sehingga ia dinyatakan sembuh. Bank tempat ia bekerja di dekat Masjid Raya Baiturrahman sudah disterilisasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan. Artinya, sudah aman bagi kunjungan nasabah.

Satu orang lagi yang dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19 kemarin adalah AR (55). Pemilik KTP Semarang ini merupakan pegawai Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Aceh.

Pemeriksaan swab-nya di Unsyiah dua kali berturut-turut menunjukkan hasil negatif Covid-19 sehingga ia dinyatakan sembuh.

Seiring dengan itu, masjid di kantornya kembali dibuka untuk umum setelah sempat dibatasi selama satu minggu hanya untuk pegawai kantor tersebut.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi