Sempat Khawatir, Menko PMK Apresiasi Aceh Berhasil Tekan Kasus Covid-19

Sempat Khawatir, Menko PMK Apresiasi Aceh Berhasil Tekan Kasus Covid-19
Menko Bidang PMK, Muhadjir Effendy (kiri) menyerahkan bantuan alat kesehatan kepada Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, di Aula Kantor Wali Kota Lhokseumawe, Kamis (2/7). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lhokseumawe - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendi, mengapresiasi upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Aceh.

Hal tersebut disampaikan Menko PMK saat memberikan sambutan dan arahan, pada kunjungan kerjanya di Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara, Kamis (2/7).

Menko PMK mengapresiasi Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama seluruh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Aceh, karena program dan kebijakannya, dapat menekan angka penularan Covid-19 di Aceh.

“Minimnya kasus Covid-19 di Aceh bukan kebetulan, melainkan karena ada kebijakan, keberanian, dan upaya Pemerintah Aceh dan masyarakat,” ujar Muhadjir.

Menko PMK mengakui, pada awal pandemi Covid-19, ia sempat khawatir Aceh akan menjadi salah satu daerah di Indonesia yang akan mengalami ledakan jumlah pasien Covid-19. Hal ini dikarenakan lokasi Aceh yang merupakan pintu paling barat di Indonesia.

“Di awal, saya menduga justru di Aceh akan terjadi ledakan pasien Covid-19, karena posisinya berada di pintu paling barat Indonesia. Alhamdulillah, dugaan saya salah. Pak Plt Gubernur bersama Tim Gugus Tugas Covid-19, mampu melakukan upaya-upaya dini pencegahan penyebaran Covid-19 di Aceh,” sebut Menko PMK.

Muhadjir juga menyampaikan apresiasi atas penyaluran Bantuan Sosial, baik yang bersumber dari APBN maupun APBA dan APBK Kabupaten/Kota. Meski demikian, Menko PMK juga mengingatkan agar data penerima bantuan segera diverifikasi ulang jika ada kesalahan pada tahap awal.

“Saya juga menyampaikan terima kasih karena Bansos dari pusat pun dapat tersalur dengan baik di Aceh. Hal ini diperkuat lagi dengan Bansos dari Pemerintah Aceh, Pemerintah Kabupaten/Kota bahkan Pemerintahan di desa. Meski demikian, saya mengingatkan kita semua, di beberapa daerah, penyaluran Bansos masih tumpang tindih. Karena itu, sambil terus bergerak, lakukan verifikasi ulang, perbarui terus data penerima, sehingga masyarakat yang benar-benar terimbas Covid-19 yang menerima Bansos,” pesan Muhadjir.

Sebelumnya, Plt Gubernur Aceh dalam pemaparannya terkait upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Aceh, menjelaskan berbagai program dan upaya yang telah dilakukan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Aceh.

“Saat ini, kita juga terus melakukan pembenahan. Upaya sosialisasi terus kita lakukan. Bahkan, sarana medis yang kita persiapkan saat ini masih di atas tren angka kejadian Covid-19,” ungkap Nova.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi