Bantu Polri, Suhendra Bangun Perumahan di Dekat Mapoldasu

Bantu Polri, Suhendra Bangun Perumahan di Dekat Mapoldasu
Tokoh intelijen senior, Suhendra Hadikuntono, saat memberikan keterangan. (Analisadaily/Guntur Adi Sukma)

Analisadaily.com, Medan - Demi membantu Polri, tokoh nasional yang juga tokoh intelijen senior Suhendra Hadikuntono akan membangun perumahan bagi para anggota Polri. Ada lahan seluas 200 hektare yang disiapkannya di dekat Markas Polda Sumatera Utara (Mapoldasu).

Saat ini sekitar 200 ribu polisi, atau 50 persen dari seluruh anggota Polri, belum memiliki rumah sendiri. Rumah dinas hanya mampu menjangkau 14 persen saja kebutuhan rumah tersebut.

Berdasarkan data Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sumut, anggota Polda berjumlah 21.253 personel, yang sudah memiliki rumah baru 5.830 personel, yang belum memiliki rumah pribadi 15.423 personel.

Sebab itu, Bang Suhendra, demikian panggilan akrabnya, merasa terpanggil untuk membangun perumahan yang khusus disediakan untuk anggota Polri, dengan harga yang tentu saja terjangkau, bahkan bisa kredit hingga 20-30 tahun dengan down payment (DP) atau uang muka 0 persen.

Lokasi tepatnya di Jalan Tanjung Morawa Km 10 Timbang Deli Kec Medan Amplas, Kota Medan. "Mudah-mudahan bisa sampai seribu unit," ujarnya di Medan, Sabtu (11/7/2020).

Perumahan polisi tersebut, kata Bang Suhendra yang asli Medan atau putra daerah, akan dilengkapi fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos/fasum) seperti sarana olahraga lengkap kolam renang serta lapangan tenis.

"Problem polisi hari ini adalah perumahan. Dengan punya rumah sendiri, mereka akan lebih fokus pada pekerjaannya, sehingga produktivitas pun akan meningkat. Polisi akan semakin profesional," jelas Bang Suhendra yang juga Ketua Umum Putra-putri Jawa Kelahiran Sumatera, Sulawesi dan Maluku (Pujakessuma) Nusantara.

Langkah Suhendra ini juga untuk mendukung salah satu dari 11 program prioritas Kapolri, yakni pada poin 5 tentang peningkatan kesejahteraan Polri.

"Salah satu upaya yang dilaksanakan adalah dengan mewujudkan kepemilikan rumah pribadi bagi setiap personel Polri," tegasnya.

Semasa menjabat Kapolri, Tito Karnavian menyatakan sangat sulit jika mengandalkan dinas dalam memenuhi kebutuhan rumah untuk anggota.

Oleh karena itu, Tito mendorong kerja sama dengan berbagai pihak dalam penyediaan rumah untuk anggota Polri. Program ini akan diteruskan penggantinya, Kapolri Jenderal Idham Azis.

(GAS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi