Rektor dan Wakil Rektor I USU Positif Covid-19

Rektor dan Wakil Rektor I USU Positif Covid-19
Rektor USU Prof Runtung Sitepu (kanan) didampingi Wakil Rektor 1 Prof Rosmayati (kiri) melakukan peninjau pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2020 di Fakultas Kedokteran USU. (Analisadaily/Ferdy)

Analisadaily.com, Medan - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Dr. Runtung Sitepu, dinyatakan positif terpapar virus corona (Covid-19) dari hasil swab di Labotorium ‎Polymerase Chain Reaction (PCR) Rumah Sakit USU.

Namun Runtung masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG) sehingga keadaannya relatif sehat.

Selain Runtung, ‎Wakil Rektor I USU, Prof. Rosmayati dan suaminya yang merupakan anggota Majelis Wali Amanat (MWA) USU, Prof. Darma Bakti juga dinyatakan positif Covid-19. Keduanya juga dalam keadaan sehat karena masuk kategori OTG.

Kepala Humas, Promosi dan Protokoler USU, Elvi Sumanti, saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut.

"Benar, Pak Rektor USU dan Ibu Wakil Rektor I berdasarkan hasil swab positif. Alhadullilah dalam kondisi sehat dan baik-baik saja karena berstatus orang tanpa gejala," kata Elvi, Minggu (12/7).

Elvi menjelaskan para pimpinan USU sedang dilakukan pemantauan terkait kondisi tersebut.

Meski Rektor dan Wakil Rektor I berstatus positif Covid-19, Elvi mengatakan hal itu tidak mengganggu aktivitas birokrasi di USU.

"Mari kita ikut mendoakan kesehatan dan kesembuhan mereka. Semoga mereka selalu dalam lindungan Allah," imbaunya.

Terpisah, ‎Ketua Tim Lab Pemeriksa Covid-19 RS USU, dr. Dewi Indah Sari Siregar, M.Ked (ClinPath), Sp.PK mengatakan, ketiga orang tersebut dalam keadaan relatif stabil. Namun WR I USU menjalani perawatan di RS Columbia Asia Medan.

‎"Sampai kemarin (WR I USU) masih di RS Columbia Asia‎. Karena ruang rawat di RS USU full oleh pasien," tuturnya.

Dewi menjelaskan bahwa pihaknya terus memantau perkembangan ketiga profesor tersebut. Menurutnya penanganan medis terhadap ketiganya dilakukan secara optimal dan baik.

"Alhamdullilah kondisinya sehat tidak bergejala," tukasnya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi