Jokowi Bagikan 1 Juta Lebih Masker untuk Rakyat Aceh

Jokowi Bagikan 1 Juta Lebih Masker untuk Rakyat Aceh
Masker bantuan Jokowi tiba di Bandara SIM melalui kargo untuk dibagikan kepada masyarakat Aceh. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Sebanyak 1 juta lebih masker, face shield, ventilator, dan ribuan liter hand sanitizer bantuan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk rakyat Aceh akan dibagikan langsung saat kunjungan kerja Kepala Negara.

Bantuan masker dikirimkan dengan menggunakan kargo, Senin (24/8) oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 1 juta lebih masker dari berbagai jenis yang diangkut dengan pesawat kargo tersebut telah tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda International (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar.

Jokowi dijadwalkan berangkat ke Aceh, Selasa (25/8) dengan pesawat kepresidenan, dalam rangka meresmikan jalan tol Trans Sumatera ruas Sigli-Banda Aceh (Sibanceh).

Kepala BNPB, Letjen Doni Monardo mengatakan, pihaknya telah mengirimkan 1 juta lebih masker ke Provinsi Aceh. Masker tersebut akan dibagikan dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Aceh dalam rangka meresmikan Seksi-4 Jalan Tol Sigli-Banda Aceh.

Saat memberangkatkan bantuan ke bandara, Letjen TNI Doni Monardo yang juga Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Penanganan Covid-19, menyertakan pesan singkat kepada masyarakat Aceh.

“Satu juta lebih masker ini dari Pak Presiden Jokowi untuk dibagikan kepada masyarakat Aceh. Itu masker dipakai ya,” pinta Doni Monardo, dalam siaran pers.

Tenaga Ahli BNPB Bidang Media, Egy Massadiah, kepada wartawan menyampaikan informasi telah tibanya barang-barang bantuan itu di Banda Aceh melalui kargo.

“Bantuan sejuta masker diangkut dengan pesawat cargo. Selain satu juta masker masih ada enam item bantuan lainnya,” kata Egy.

Bantuan yang akan dibagikan itu terdiri atas Masker N95 berjumlah 10.000 lembar, Masker KN95 (10.000), Masker Medis/Bedah (200.000), Masker Kain (1.000.000), Face Shield (10.000), Ventilator (5 unit) dan Hand Sanitizer sebanyak 4000 liter.

“Khusus hand sanitizer dalam bentuk kemasan jerigen. Tiap jerigen berisi empat liter. Jadi total ada seribu jerigen,” tambah Egy.

Bantuan masker tersebut sesuai dengan salah satu dari empat arahan terbaru Jokowi terkait penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, yakni bagikan dan ajak pakai masker.

“Sebelum ada vaksin, kuncinya paling penting adalah pemakaian masker. Segera yang berkaitan dengan ajakan memakai masker dan membagi masker pelaksanaannya dipercepat,” tutur Jokowi.

Selain ajakan menggunakan masker, Jokowi juga kembali berpesan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan lainnya seperti menjaga jarak dan mencuci tangan.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi