Netralitas ASN Sergai Kunci Keberhasilan Pilkada

Netralitas ASN Sergai Kunci Keberhasilan Pilkada
Pjs Bupati Sergai, Ir H Irman MSi dalam rapat dinas di Aula Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (28/9). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sei Rampah - Netralitas aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), khususnya para pejabat struktural dan Camat, menjadi kunci keberhasilan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sergai, Ir H Irman mengatakan, jangan ada anggapan, ia untuk mendukung salah satu calon. Tidak ada itu. Hilangkan 'image' seperti itu.

“Bapak Gubsu maupun Wagubsu berulang kali mengingatkan kita semua jajaran birokrasi harus netral," kata Irman dalam rapat dinas di Aula Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (28/9).

Dengan netralitas ASN, lanjutnya, siapa pun yang terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Sergai ke depan akan menjadi pemimpin yang mumpuni dan itu lah yang harus didukung untuk memberhasilkan pembangunan periode ke depan.

Menurutnya, pemerintah mulai dari pusat hingga daerah memiliki peran penting untuk menjaga serta melakukan pengawasan terhadap netralitas ASN.

“Netralitas ASN menjadi salah satu kunci keberhasilan Pilkada ini, sekaligus juga untuk menghindari konflik,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan Pilkada yang merupakan amanat dari UU Nomor 10/2016 ini sebelumnya akan dilakukan pada September 2020, namun terjadi penundaan karena adanya pandemi Covid-19 sehingga mundur menjadi Desember 2020.

Ia mengatakan ASN merupakan salah satu kekuatan signifikan yang dapat mempengaruhi proses Pilkada. Kekuatan ini jika dipraktikkan dalam konteks keberpihakan politik praktis dapat memecah belah kekuatan ASN itu sendiri.

Pada akhirnya akan mengaburkan orientasi ASN sebagai instrumen administrasi pelayanan publik yang ujungnya merugikan rakyat.

“ASN sebagai bagian dari birokrasi diharapkan tidak lagi menjadi alat kekuasaan tetapi bagian dari kebutuhan rakyat. Sebenarnya political will dari negara untuk menjadikan ASN netral dalam poilitik dimaksudkan untuk menghindari adanya penyalahgunaan kekuasaan,” katanya.

Pada rapat dinas yang dihadiri para assisten, staf ahli, pimpinan OPD, para kabag dan pimpinan unit kerja lainnya itu Irman juga mengajak seluruh ASN setempat bekerja ikhlas dan tulus sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Setelah mendengar pemaparan dari sejumlah OPD khususnya dalam sektor pendapatan daerah dan penanganan maupun pencegahan Covid-19, Irman menyampaikan apresiasi dan berpesan berbagai keberhasilan hendaklah ditingkatkan.

(HERS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi