8.775 Keluarga Penerima Manfaat di Palas Dapat BSB

8.775 Keluarga Penerima Manfaat di Palas Dapat BSB
Kadis Sosial Padanawas Bustami Harahap saat melepas keberangkatan truk pengangkut bantuan ke titik distribusi di desa-desa. (Analisadaiy/Istimewa)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Sebanyak 263 ton beras akan disalurkan kepada 8.775 keluarga miskin yang dinamai keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Padanglawas akan mendapat bantuan sosial beras (BSB) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Bantuan beras ini diharapkan akan meringankan beban masyarakat. khususnya KPM PKH, di pandemi Covid-19 ini.

Penyaluran sudah mulai dilakukan Kamis (8/10) yang ditandai dengan pelepasan truk pengangkut di Gudang Bulog Padang Lawas di Hutalombang. Ditargetkan, penyaluran untuk tahap pertama ini akan selesai sampai Sabtu (10/10).

Kepala Dinas Sosial Padanglawas Bustami Harahap mengatakan, bantuan beras ini diberikan sebagai bukti pemerintah hadir di tengah kesulitan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Per KPM PKH, mendapatkan bantuan sebanyak 15 kg yang diberikan selama tiga bulan, terhitung Agustus, September dan Oktober 2020.

"Penyaluran pertama ini, masing-masing KPM mendapatkan 30 kg untuk dua bulan penyaluran. Selanjutnya, akan disalurkan kembali 15 kg lagi untuk bantuan beras Oktober," kata Bustami.

Sebagai gambaran, dengan jumlah KPM 8.775 dengan masing-masing 30 kg, berarti beras yang didistribusikan di tahap pertama ini mencapai 263 ton. Hanya, kualitas beras yang disalurkan, kualitasnya medium.

Saat launching penyaluran, turut hadir pejabat Bulog Sub Divre Padang Sidimpuan, perwakilan PT BGR sebagai transporter dan pendamping PKH Padang Lawas.

(ATS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi