Dosen UNA Direkrut Jadi Tim Ahli Komunikasi Publik

Dosen UNA Direkrut Jadi Tim Ahli Komunikasi Publik
Koordinator Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, Riadil Akhir Lubis, (tengah) diabadikan bersama unsur Bidang Komunikasi Publik serta Tim Ahli, Dailami (tiga dari kiri) seusai rapat koordinasi. (Analisadaily/Hermansjah)

Analisadaily.com, Medan - Dosen Universitas Asahan (UNA, Dailami, direkrut menjadi Tim Ahli dalam Bidang Komunikasi Publik dari Satuan Tugas Penangangan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut), bersama 2 orang lainnya, Prof Badaruddin, dan Mazdalifah, dari Universitas Sumatera Utara (USU).

Perekrutan ini menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, Riadil Akhir Lubis, yang juga koordinator Bidang Komunikasi Publik dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sumut, didasarkan kebutuhan untuk mendayagunakan tugas Bidang Komunikasi Publik dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, terkait upaya pencegahan sekaligus penanggulangan pandemi Covid-19.

"Kami membutuhkan tim ahli komunikasi publik dalam mengemas pesan secara baik dan tepat. Semua informasi disampaikan bermuara kepada upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Targetnya bagaimana mendorong dan mengajak masyarakat secara terus menerus, sehingga tumbuh kesadaran bersama untuk membiasakan diri mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak, sesuai program pemerintah pusat dalam penanggulangan Covid-19, karena hingga kini penyebarannya masih berlangsung," kata Riadil, Kamis (22/10).

Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Sumut dalam melaksanakan tugasnya melibatkan berbagai komponen diantaranya dari unsur TNI, Polri, instansi pemerintah, instansi swasta, organisasi keagamaan, organisasi pers, dunia usaha, media cetak maupun elektronik, serta unsur masyarakat lainnya.

Adapun tugas utama Bidang Komunikasi Publik meliputi kegiatan Komunikasi Publik pencegahan dan penanggulangan Covid-19 berdasarkan arahan Satgas Penanganan Covid-19, mengoordinasikan keterlibatan sumber daya berbagai mitra di Provinsi Sumut untuk mendukung peiaksanaan kegiatan Komunikasi Publik, dan mendiseminasikan informasi pubiik yang diterima dari Satgas Penanganan Covid-19.

Sementara yang menjadi tugas Tim Ahli Komunikasi Publik sesuai tertera dalam surat tugas yang diterima antara lain mengidentifikasikan permasalahan dan peluang di bidang komunikasi publik dalam penanganan Covid-19 Sumut, memberikan masukan poin-poin atau rumusan kebijakan strategis bidang komunikasi publik Satgas Penanganan Covid-19, serta menyusun skenario kegiatan bidang komunikasi publik penanganan Covid-19 Sumut.

Menanggapi penetapannya menjadi Tim Ahli di Bidang Komunikasi Publik dari Satgas Covid-19 Sumut, Dailami, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Fakultas Ekonomi UNA mengatakan, tugas yang dipercayakan kepadanya bersama tim ahli lainnya, merupakan amanah sekaligus sebagai tanggungjawab yang harus diemban setiap warga negara.

"Harus siap ketika dibutuhkan dalam mengatasi permasalahan dihadapi bangsa, tentu peran serta itu sesuai kemampuan dan kapasitas dimiliki," ujar Dailami yang juga Direktur Lembaga Komunikasi Massa Universal Communication.

(HERS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi