Terjebak di Pemandian, 11 Wisatawan Berhasil Dievakuasi

Terjebak di Pemandian, 11 Wisatawan Berhasil Dievakuasi
Tim Search and Rescue (SAR) Medan saat melakukan evakuasi di Pemandian Batu Jalur, Serdang Bedagai. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Personel Search and Rescue (SAR) Medan berhasil menyelamatkan 11 wisatawan yang terjebak di tengah Pemandian Batu Jalur, Serdang Bedagai Selasa (12/1) dini hari.

Kondisi membahayakan manusia (KMM) berawal saat satu keluarga asal Batang Kuis Deli Serdang, berwisata di Pemandian Batu Jalur Desa Perbahingan, Kotarih, Serdang Bedagai, Senin (11/1) sore. Awalnya debit sungai biasa saja dan tidak terlalu deras.

Namun, saat keluarga ini berada di tengah, air sungai tiba-tiba meluap. Mereka panik dan naik ke atas batu besar yang ada di sana.

Tidak ada yang berani mengambil risiko menyeberangi arus yang sangat deras. Keluarga itu menunggu di sana berharap debit air segera turun.

Namun hingga malam hari arus sungai tidak kunjung surut. Warga akhirnya menghubungi kantor SAR Medan untuk meminta pertolongan agar wisatawan tersebut dievakuasi.

"Personel siaga Kantor SAR Medan menerima informasi dari warga setempat sekitar pukul 20.15 WIB," kata Humas Kantor SAR Medan, Sariman Sitorus, Selasa (12/1).

Setelah mendapat informasi itu, Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono memerintahkan tim segera berangkat ke lokasi. Tim berangkat membawa perahu LCR dan 1 perahu rafting untuk mengevakuasi korban.

Setibanya di lokasi, tim dari Kantor SAR Medan bersama warga dan pihak terkait langsung berupaya mengevakuasi seluruh korban. Evakuasi baru selesai sekitar Selasa (12/1) dinihari sekitar pukul 03.05 WIB.

"Satu keluarga yang berhasil dievakuasi terdiri dari 7 orang dewasa dan 4 anak-anak. Seluruhnya warga Batang Kuis," jelas Sariman.

Adapun identitas tujuh orang dewasa yakni Faridah (73), Nur Laili (57), Diana (38), Menasari (30), Dek Lang (37), Heri (37), dan Agus (40). Sedangkan empat orang anak-anak yakni Albar (5), Abizar (3), Bilqis (9) dan Zahra (6).

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi