Besok, SDM Kesehatan di Kota Medan Jalani Vaksinasi

Besok, SDM Kesehatan di Kota Medan Jalani Vaksinasi
Petugas dari Brimob saat menjaga vaksin Covid-19 (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan di rumah sakit di Kota Medan akan melaksanakan vaksinasi Covid-19, Selasa (19/1) besok.

"Ya semua RS di Medan rencananya akan vaksinasi," kata Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sumatera Utara, dr Azwan Hakmi Lubis, Senin (18/1).

Sebelumnya, Kota Medan merupakan Kota pertama bersama Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang yang masuk dalam tahap pertama termin I pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi SDM Kesehatan.

Azwan menjelaskan, vaksinasi bagi SDM kesehatan itu dilakukan secara bertahap, dengan rencana dapat menjangkau 40 orang perhari untuk satu rumah sakit.

"Satu RS 40 orang perhari," jelasnya.

Kasubbag Hukum dan Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan, Edison Perangin-angin menyampaikan, saat ini pihaknya telah menerima 1.396 vial vaksin Covid-19.

Dan sampai siang tadi masih 5 orang penerima yang akan melaksanakan vaksinasi di rumah sakit Pemko Medan itu.

"Tapi mungkin nanti akan bertambah. Karena penerima vaksin ini sesuai dengan yang ada di aplikasi dan yang mendaftar," ujarnya.

Senada dengan itu, Kasubbag Humas Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak, mengaku jika RS milik Kemenkes ini akan melangsungkan vaksinasi kepada 48 kandidat.

Sebelumnya pada aplikasi P Care terdapat 52 orang, namun terdapat 4 diantaranya batal.

"Untuk jumlah vaksin yang diterima ada 2.311 vial," ucapnya.

Pada termin pertama 40.000 vial vaksin Covid-19 sudah diterima Dinas Kesehatan Provinsi Sumut. Kemudian pada termin kedua 34.840 vial vaksin Corona Virus Disease (Covid-19) tiba di Medan pada Jumat (15/1).

Vaksin tersebut merupakan vaksin tambahan dari jumlah yang tiba lebih dulu di Medan. Sehingga total vaksin secara keseluruhan adalah 74.840 vial vaksin.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi