Terlantar di Jakarta, Tiga Warga Aceh Dipulangkan

Terlantar di Jakarta, Tiga Warga Aceh Dipulangkan
Tiga warga Aceh saat menunggu bus di loket Putra Pelangi, Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Kamis (4/4). (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Jakarta - Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) di Jakarta memfasilitasi pemulangan tiga warga Aceh yang terlantar di ibu kota, Jakarta.

Kepala BPPA, Almuniza Kamal mengatakan, tiga warga Aceh yang selama ini terlantar, dipulangkan ke Aceh menggunakan bus Putra Pelangi melalui Terminal Pulo Gebang Jakarta Timur.

“Mereka nanti langsung diturunkan di tempat tujuan masing-masing, sesuai dengan alamatnya,” kata Almuniza, Kamis (4/3).

Menurut Almuniza, pemulangan masyarakat Aceh yang terlantar di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya merupakan amanah dari Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Apalagi bagi mereka yang kurang mampu.

“Itu yang selalu kita lakukan membantu warga Aceh di perantauan terutama yang kurang mampu, seperti dialami tiga warga Aceh yang dipulangkan hari ini dari Jakarta,” kata Almuniza.

Almuniza menjelaskan, selain membantu tiket, pihaknya juga memberikan uang saku untuk digunakan selama perjalanan.

Adapun ketiga warga Aceh itu, Sopian (73) warga kampung Jawa, Idi Rayeuk, Aceh Timur, dan Abu Bakar Yahya (55) bersama anaknya Taqwa Rizki (15), warga Atong, Montasik, Aceh Besar.

Abu Bakar mengaku sudah berada di Ibu Kota Jakarta bersama anaknya sekitar dua bulan, karena mendapatkan tawaran pekerjaan dari kawannya di kawasan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

“Perkerjaanya jualan Mie Aceh. Tapi sesampai saya di Jakarta, baru beberapa hari bekerja, warungnya sudah dijual pemiliknya, sehingga tidak tahu lagi mau kerja di mana,” katanya.

Abu Bakar menyampaikan bahwa selama ini dirinya hidup berpindah-pindah dari rumah kawan ke kawan lainnya. Karena tidak memungkinkan lagi hal itu dilakukannya makanya meminta bantuan ke Pemerintah Aceh untuk dipulangkan.

Sementara, Sopian mengaku ke ibu kota untuk melayat istrinya yang meninggal sekitar delapan hari lalu di Kampung Maja Dukuh, Desa Mender, Bandung, Serang, Banten.

Atas perhatian tersebut, mereka menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Aceh, khususnya Badan Penghubung Pemerintah Aceh karena sudah memfasilitasi pemulangan ke Aceh.

(MHD/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi