Pertamina Lebih dari Sahabat PWI

Pertamina Lebih dari Sahabat PWI
Ketua PWI Aceh Tamiang, Syawaluddin bersama pengurus memberikan pelakat penghargaan 'Sahabat PWI' kepada FM PT Pertamina EP Rantau Field, Totok Parafianto (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kuala Simpang - PT Pertamina EP Rantau Field dinobatkan sebagai 'Sahabat PWI'. Hal itu ditandai dengan pemberian plakat penghargaan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Aceh Tamiang.

Plakat apresiasi dari insan pers tersebut diserahkan Ketua PWI Aceh Tamiang, Syawaluddin, didampingi pengurus lainnya dan diterima Field Manager (FM) Totok Parafianto, di Gedung Guest House, Kompleks Pertamina Tamiang, Rabu (10/3).

Field Manager PT Pertamina EP Aset 1 Rantau Field, Totok Parafianto, mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari PWI.

Menurutnya pengharagaan ini akan dijadikan motivasi bagi Pertamina untuk tetap bersinergi kepada PWI dalam hal pemberitaan yang positif bagi perusahaan.

”Harapannya hubungan yang sudah baik ini dapat kita tingkatkan lagi, sehingga dua instansi ini (Pertamina-PWI) sama-sama dapat menjalankan fungsinya dengan sebaik-baiknya demi kemajuan bersama,” tutur Totok didampingi Asmen Legal And Manager PEP Rantau, Fandi Prabudi.

Ketua PWI Aceh Tamiang, Syawaluddin menjelaskan, pemberian pelakat kepada tokoh yang menjadi sahabat PWI merupakan rangkaian agenda peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-75 pada 9 Februari 2021 lalu. Pada momen HPN, PWI Aceh Tamiang menilai Pertamina EP Rantau pantas menerima penghargaan Sahabat PWI karena kontribusinya selama ini.

”Meski pimpinan Pertamina Rantau siliberganti, namun perusahaan migas tersebut selalau membuka ruang untuk merangkul para jurnalis khususnya di daerah ujung timur Aceh itu,” kata Syawaluddin.

Sekelumit Syawaluddin menceritakan, pada 2016 PWI dan Pertamina bekerjasama menggelar Pra UKW dan UKW yang seluruh biayanya ditanggung Pertamina. Tujuannya untuk meningkatan kualitas dan profesionalitas wartawan yang berkompeten di bidangnya. Menariknya seleksi UKW tersebut tidak hanya diikuti wartawan lokal, namun insan pers dari 10 kabupaten/kota se Aceh.

”Jadi kami menyimpulkan Pertamina itu lebih dari Sahabat PWI, tapi sahabat seluruh wartawan. Dari 76 wartawan yang ikut UKW waktu itu 62 peserta di antaranya lulus,” ulas Syawal.

Namun, lanjut Syawal, kriteria Sahabat PWI tidak hanya itu, Pertamina EP yang berkedudukan di Kabupaten Aceh Tamiang selalu membina hubungan baik dengan insan pers dan kooperatif terutama akses konfirmasi yang dibutuhkan awak media.

”Di masa pendemi Covid-19 Pertamina juga aktif dalam kegiatan amal sosial dengan selalau melibatkan unsur pers dalam setiap peliputan,” sebut Syawal.

Penghargaan Sahabat PWI juga diterima Kapolres dan Bupati Aceh Tamiang.

Polres Aceh Tamiang di bawah komando AKBP Ari Lasta Irawan, kata Syawaluddin, patut dibanggakan. Belum lama menjabat, Ari Lasta tercatat sudah membina komunikasi yang intens dengan kalangan wartawan, melalui lomba karya jurnalistik pada peringatan HUT Bhayangkara ke 74.

”Mudah-mudahan hubungan ini bisa ditiru bagi pejabat instansi vertikal lain maupun pimpinan perusahaan untuk menjalin kemitraan dan menjadi sahabat PWI,” pungkas Syawaluddin.

(DHS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi