Pembangunan Tapsel di Berbagai Sektor Tunjukkan Tren Positif

Pembangunan Tapsel di Berbagai Sektor Tunjukkan Tren Positif
Musrenbang RKPD Tapsel tahun 2022 (Analisadaily/Hairul Iman)

Analisadaily.com, Sipirok - Didasari distribusi program kerja yang merata dan terukur, pembangunan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) di berbagai sektor tetap stabil bahkan menunjukkan tren positif meski di tengah pandemi Covid-19.

"Dampaknya, salah satunya dapat dilihat dari angka kemiskinan di Tapsel yang menurun sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS)," kata mantan Bupati Tapsel, Syahrul M. Pasaribu, dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Tapsel tahun 2022 di Sipirok, Rabu (31/3).

Menurutnya berdasarkan data BPS, Kabupaten Tapsel menjadi satu-satunya kabupaten/kota di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) yang angka kemiskinannya menurun di masa pandemi Covid-19.

"Dibanding tahun 2019 persentase angka kemiskinan 8,60 persen menjadi 8,47 persen di 2020 atau menurun 0,13 persen," sebutnya.

Lebih lanjut Syahrul mengatakan, ketika kondisi keuangan negara sedang tidak baik akibat dampak Covid-19, namun Tapsel masih dapat tumbuh walau hanya 0,39 persen. Sedangkan Sumut minus 1,07 persen dan nasional minus 2,07 persen.

"Untuk tingkat pengangguran sesuai data BPS, Tapsel masih tergolong rendah yaitu 5,28 persen di 2018, turun menjadi 4,17 persen di 2019, naik 0,25 persen menjadi 4,42 persen di 2020 akibat Covid-19," terangnya.

Disisi sebaran penduduk, lanjutnya, Tapsel terbaik kedua di Sumatera Utara dengan persentase 0,20 persen setelah Labuhanbatu Selatan 0,19 persen.

"Angka Ketersebaran penduduk itu menandakan kehidupan masyarakat untuk hidup menggali potensi sumber daya alam di seluruh 15 kecamatan se Tapsel cukup baik dan menjanjikan," ungkapnya.

Syahrul mengatakan di balik potensi daerah yang menjanjikan tersebut, pastinya tidak lepas dari kerja keras pemerintah 10 tahun belakangan dalam melakukan berbagai program sektor pembangunan di semua wilayah Tapsel, sehingga sektor ekonomi dan lainnya tumbuh dan berjalan dengan baik.

"Tentu semua itu belum memuaskan semua orang, maka ini menjadi pekerjaan rumah bupati baru dalam melanjutkan estafet kepemimpinan pembangunan Tapsel yang 10 tahun terakhir sudah memiliki pondasi kuat dan baik," ujarnya.

Acara Musrenbang RKPD Kabupaten Tapsel tahun 2022 berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu (30-31/3).

(HIH/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi