Pentagon: Militer AS Bantu Pencarian Kapal Selam Indonesia

Pentagon: Militer AS Bantu Pencarian Kapal Selam Indonesia
Indonesia mengerahkan kapal perang dan ratusan personel untuk mencari kapal selam yang hilang di lepas pantai Bali. (AFP/SONNY TUMBELAKA)

Analisadaily.com, Virginia - Militer Amerika Serikat akan mengirim tim udara untuk membantu Indonesia mencari kapal selam yang hilang dengan 53 penumpang.

Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan Departemen Pertahanan AS sangat sedih dengan berita hilangnya kapal selam KRI Nanggala 402 pada Rabu saat latihan di lepas pantai Bali.

"Pikiran kami bersama para pelaut Indonesia dan keluarganya. Atas undangan pemerintah Indonesia, kami mengirimkan aset udara untuk membantu pencarian kapal selam yang hilang," kata Kirby dilansir dari Channel News Asia, Jumat (23/4).

Kata dia, Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, berencana untuk berbicara pada hari Jumat dengan Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto untuk menyampaikan kesedihan dan untuk membahas bagaimana lagi Amerika Serikat dapat membantu.

Sebelumnya, tumpahan minyak di mana kapal selam diperkirakan tenggelam menunjukkan kemungkinan kerusakan pada tangki bahan bakarnya dan menimbulkan kekhawatiran akan bencana yang mematikan.

Awak kapal buatan Jerman bisa mendapatkan cukup oksigen hingga Sabtu pagi, tetapi waktu dengan cepat habis ketika tim penyelamat menjelajahi pantai di lepas pantai Bali untuk mencari tanda-tanda lokasinya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi