Liburan Idul Fitri, Objek Wisata Holbung dan Bukut Sibea-bea Padat

Liburan Idul Fitri, Objek Wisata Holbung dan Bukut Sibea-bea Padat
Kawasan wisata Huta Holbung di Pulau Samosir (Analisadaily/Hermansjah)

Analisadaily.com, Samosir - Ratusan masyarakat memanfaatkan liburan Hari Raya Idul Fitri 1424 Hijriah dengan mengunjungi sejumlah objek wisata di Kabupaten Samosir, Minggu (16/5).

Pulau Samosir sudah tidak asing lagi di dunia pariwisata. Pulau yang berada persis di tengah Danau Toba ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Tak heran jika Pulau Samosir sangat populer dan menjadi sasaran destinasi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Objek wisata bernuansa perbukitan hijau juga tersedia di Huta Holbung, Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Untuk mencapai Bukit Holbung, terdapat dua rute yang kerap digunakan oleh pengunjung. Rute pertama dari Kota Medan menuju Tele. Sementara rute kedua dari Kota Medan menuju Siantar, Parapat dan berakhir di Samosir.

Kawasan populer yang paling banyak dikunjungi saat liburan Idul Fitri sesuai amatan Analisadaily.com, antara lain Bukit Sibea-bea Harianboho, Huta Holbung, air terjun Efrata, serta sejumlah objek wisata lainnya di kawasan berhampiran.

Semua objek wisata itu dalam tiga tahun belakangan sangat populer, terutama bagi kalangan remaja dan kaum milenial petualang yang menyenangi traveling memacu adrenalin, terutama saat berkendara roda dua maupun roda empat. Betapa tidak, jalan yang cuma bisa dilintasi dua mobil itu di kiri kanannya dibatasi jurang curam yang di bawahnya terdapat Danau Toba.

View Eksotis

Selain banyak dikunjungi kaum milinial untuk kegiatan kamping, umumnya wisatawan mengunjungi kawasan wisata Bukit Sibea-bea Harianboho dan Huta Holbung untuk berfoto-ria.

Selain dengan kamera unggulan profesional seperti XLR, di Bukit Sibea-bea yang memiliki view eksotis dengan latarbelakang pemandangan Danau Toba dan perbukitan hijau Holbung yang khas.

Apalagi di sini terdapat patung Jesus dan sedang dibangun Salib Raksasa sehingga menambah pemandangan bernuansa religi bagi umat kristiani.

Bukit Holbung merupakan tempat wisata alam yang berlokask di Huta Holbung, Samosir. Bukit ini belakangan dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati alam sisi lain kawasan Danau Toba. Tak hanya itu, banyak wisatawan yan memanfaatkan kawasan bukit ini untuk berkemah.

Di holbung terdapat sembilan perbukitan yang eksotis untuk tempat berfoto dan selfie. Namun untuk mencapai kawasan eksotis itu wisatawan harus mendaki perbukitan itu cukup tinggi dan melelahkan sehingga perlu usaha ekstra mencapai puncak Holbung itu.

Huta Holbung sebagaimana diinformasikan dari berbagai pihak, merupakan sebuah desa yang berada di Kabupaten Samosir. Desa Holbung ini dikenal memiliki suasana yang cukup tenang dan nyaman. Jumlah penduduknya juga belum terlalu banyak yakni sekitar 500 penduduk. Banyak wisatawan yang datang untuk sekedar melepas penat dan lokasi yang paling banyak digemari adalah area perbukitan hijau ini.

Umumnya wisatawan yang datang bersama keluarga dengan membawa kendaraan roda dua dan roda empat pribadi, sehingga keramaian yang terpantau cukup padat.

Para pengunjung yang semula was-was bakal diperintahkan balik sehubungan adanya kebijakan Prokes bagi pemudik saat menuju Berastagi terutama ketika melintasi di kawasan Sibolangit, ternyata tidak dihentikan petugas gabungan kepolisian dan dinas perhubungan.

Demikian juga saat pengunjung berada di Menara Pandang Tele, aparat cuma mengingatkan agar saat mengunjungi objek wisata tetap memakai masker dan menjaga protokol kesehatan sehingga masing-masing pribadi pengunjung terhindar dan tetap menjaga bahaya dari pandemi Covid--19.

Selain itu petugas di sana juga meminta pengunjung agar kembali dari kawasan sama, karena untuk mengantisipasi gelombag mudik yang ingin mengunjungi kampung halamannya di kawasan Siantar sekitarnya.

(HERS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi