FLS2N 2021, Siswa Aceh Tamiang Melaju ke Tingkat Nasional

FLS2N 2021, Siswa Aceh Tamiang Melaju ke Tingkat Nasional
Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Aceh Tamiang, Bambang Supriyanto (Analisadaily/Dede Harison)

Analisadaily.com, Kuala Simpang - Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang, Bambang Supriyanto, mengatakan delapan cabang festival lomba seni siswa nasional (FLS2N) jenjang SD dan SMP Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2021 berhasil melaju ke tingkat nasional setelah mengikuti seleksi tingkat kabupaten.

Kegiatan seleksi ini dilaksanakan secara daring (dalam jaringan/online) dengan para juri dari penggiat seni Kota Langsa dan Aceh Tamiang dan alumni Gita Bahana Nusantara.

"Penilaian FLS2N tingkat kabupaten dilakukan secara virtual. Untuk SD ada lima video dan SMP tiga video cabang lomba yang masuk ke nasional," kata Bambang Supriyanto di Karang Baru, Kamis (15/7/2021).

Penanggungjawab FLS2N Aceh Tamiang ini menyatakan, untuk jenjang SD semua cabang lomba masuk nominasi yaitu terdiri dari seni tari, pantomim, kriya anyam, vokal solo dan gambar bercerita. Sementara jenjang SMP dari lima cabang hanya yang lolos yakni seni tari, vokal solo dan desain poster.

"SD ada lima cabang dan SMP tiga cabang langsung ke tingkat nasional karena seleksi tingkat provinsi untuk Dikdas (pendidikan dasar) tidak ada kamar lagi. Provinsi hanya menangani khusus jenjang SMA sederajat dan termasuk SLB," tuturnya.

Pihaknya optimis dan mengharapkan siswa/siswi Aceh Tamiang mampu berprestasi serta akan mengharumkan nama daerah di tingkat nasional. Disdikbud Aceh Tamiang sangat mengandalkan cabang seni tari, vokal solo dan desain poster untuk jenjang SMP.

"Kalau untuk SD gambar bercerita sama kriya anyam itu cabang andalan kita. Seni pantomim masih kurang sedikit, kita lihat beberapa hari ini akan dipoles lagi Insya Allah bisa bersaing juga," kata Bambang Supriyanto penuh optimis.

Adapun nama-nama siswa juara pada FLS2N tingkat kabupaten jenjang SD masing-masing juara I cabang vokal solo Alika Ubay (SDN Sidodadi), juara II Febriansyah Putra (SDN Simpang Tiga) dan juara III (SDN 1 Sriwijaya).

Juara I Pantomim Farel Armanda dan Fatir Dwi Fardhaniel (SDN Jamur Jelatang), juara II Tegar Febrian dan Naufal Ayyasy (SDN 1 Pulau Tiga). Untuk seni tari juara I SDN Alue Punti Kaloy, juara II (SDN 2 Tualang Cut, juara III (SDN Matang Ara Jawa).

Kemudian cabang Gambar Bercerita juara I (SDN Air Tenang), juara II (SDN 2 Tualang Cut), juara III (SDN Matang Ara Jawa). Sedangkan pada cabang Kriya Anyam juara I (SDN Paya Rahat), juara II (SDN Bukit Rata) dan juaran III (SDN Matang Ara Jawa).

Sementara juara FLS2N jenjang SMP cabang vokal solo juara I Nazwa Alifpia (SMPN 1 Karang Baru), juara II Anggela Wiandiny Ayahira (SMPN 1 Kejuruan Muda) dan juara III Zivanna Mukhbita Pane (SMPN 1 Karang Baru).

Cabang kreasi tari juara I (SMPN 1 Karang Baru) dan juara II (SMPN 4 Bendara). Selanjutnya cabang desain poster juara I Afifah Silfa Fadilah (SMPN 1 Kejuruan Muda), juara II Hafidz Haikal Jabari (SMPN 1 Kualasimpang).

"Kita mengirim video untuk FLS2N tingkat nasional secara daring paling telat tanggal 31 Juli 2021. Kita dan masing-masing kabupaten/kota se Indonesia kirim video peserta khusus juara I saja, nanti akan disaring lagi di babak penyisihan nasional. Pengumuman FLS2N secara nasional diperkirakan di bulan September 2021," tukasnya.

(DHS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi