Polsek Medan Timur Tangkap Pemalak Pengangkut Bawang yang Viral di Medsos

Polsek Medan Timur Tangkap Pemalak Pengangkut Bawang yang Viral di Medsos
Pelaku pemalakan sedang dimintai keterangannya di Polsek Medan Timur (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Seorang lelaki yang viral di media sosial (medsos) karena memalak sopir pengangkut bawang ditangkap Unit Reskrim Polsek Medan Timur di Jalan Bulan/Pasar Sambu Medan, Selasa (27/7).

Video pemalakan itu viral di media sosial sejak pekan lalu. Personel Unit Reskrim Polsek Medan Timur yang mendapat informasi tersebut langsung melakukan pengejaran. Setelah beberapa hari, akhirnya petugas menangkap pelaku di Jalan Bulan/Pasar Sambu Medan.

Kepada penyidik, pelaku GS (33) mengakui perbuatannya yang melakukan pemalakan.

"Iya pak, perbuatan saya salah," akunya.

Ia mengakui dengan sengaja meminta uang kepada sopir yang sedang memuat bawang di Jalan Vetaran/Pasar Sambu Medan.

"Saya minta uang Rp5 ribu untuk administrasi ormas (organisasi masyarakat)," ucap dia.

Aksi pengutipan uang terhadap para sopir di sepanjang Jalan Veteran itu sudah dilakukannya selama dua hari sebelum video pemalakan itu viral.

"Baru dua hari pak," sebutnya

Uang yang dikutip itu menurutnya akan disetor kepada ormas.

"Itu uangnya saya setor untuk ormas," ujarnya.

Saat melakukan pemalakan terhadap sopir pengangkut bawang yang identitasnya tak mau disebut, pelaku tidak sadar kalau direkam melalaui telepon seluler.

"Saya tidak tau direkam oleh toke bawang," kata pelaku.

Sementara Kanit Reskrim Polsek Medan Timur, Iptu Jefri Simamora, mengatakan kalau pelaku saat ini sedang dimintai keterangan.

"Sudah kita amankan. Saat ini pelaku sedang diperiksa," ucapnya.

"Berdasarkan data yang kita dapat dari lapangan, pria bernama Gardan ini diduga sudah sering memintai uang para sopir disepanjang Jalan Veteran. Kita duga bukan hanya sekali saja, tapi sudah sering," ujarnya.

Rencananya pihak kepolisian akan melakukan pemanggilan terhadap korban.

"Sudah kita panggil, nanti akan dibuat surat pernyataan tidak berbuat lagi," kata Jefri.

Diketahui, video seorang pria yang sengaja direkam sedang melakukan pungli terhadap mobil pengangkut bawang viral di media sosial (medsos) Instagram, Selasa (20/7).

Dalam video yang beredar, aksi pungli itu disebut terjadi di Jalan Veteran Medan. Tiba-tiba pelaku yang mengaku dari salah satu organisasi masyarakat (ormas) meminta uang.

Pelaku yang mengenakan topi itu tiba-tiba mendatangi orang yang sedang melakukan bongkar muat. Salah seorang pria yang ada di sekitar kemudian merekam aksi itu dan sempat menginterogasi pelaku.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi