Seorang Wanita Meninggal Dunia Pasca Disuntik Vaksin Pfizer

Seorang Wanita Meninggal Dunia Pasca Disuntik Vaksin Pfizer
Seorang petugas kesehatan mengambil dosis vaksin Coronavirus Pfizer-BioNTech dari botol selama acara vaksinasi yang diselenggarakan oleh Miami, Dade County dan Miami Heat di FTX Arena di Miami, Florida, AS, 5 Agustus 2021. (Reuters/Marco Bello/File Foto)

Analisadaily.com, Wllington - Selandia Baru melaporkan kematian pertama yang tercatat di negara itu terkait dengan vaksin Pfizer Covid-19. Informasi tersebut dirilis kementerian kesehatan setelah peninjauan dewan pemantau keamanan vaksin independen tentang kematian seorang wanita setelah menerima vaksin.

Dewan menganggap, kematian wanita itu karena miokarditis, yang dikenal sebagai efek samping langka dari vaksin Pfizer Covid-19. Miokarditis adalah peradangan pada otot jantung yang dapat membatasi kemampuan organ untuk memompa darah dan dapat menyebabkan perubahan ritme detak jantung.

"Ini adalah kasus pertama di Selandia Baru di mana kematian pada hari-hari setelah vaksinasi dikaitkan dengan vaksin Pfizer Covid-19," kata kementerian kesehatan Selandia Baru dilansir dari Channel News Asia, Senin (30/8).

Tim media Pfizer di Selandia Baru tidak segera membalas permintaan komentar melalui email.

"Kasus tersebut telah dirujuk ke koroner dan penyebab kematiannya belum ditentukan," kata kementerian kesehatan.

Dewan independen, bagaimanapun, menganggap miokarditis mungkin karena vaksinasi.

Dewan juga mencatat ada masalah medis lain yang terjadi pada saat yang sama yang mungkin mempengaruhi hasil setelah vaksinasi.

"Manfaat vaksinasi dengan vaksin Pfizer Covid-19 terus jauh lebih besar daripada risiko infeksi Covid-19 dan efek samping vaksin, termasuk miokarditis," tambahnya.

Sejauh ini vaksin Pfizer-BioNTech, Janssen dan AstraZeneca telah disetujui untuk sementara oleh otoritas Selandia Baru. Namun, vaksin Pfizer adalah satu-satunya vaksin yang telah disetujui untuk diluncurkan ke publik.

Selandia Baru sedang berjuang melawan wabah varian Delta Covid-19 setelah hampir enam bulan bebas virus.

Ini melaporkan 53 kasus baru pada hari Senin , menjadikan jumlah total infeksi dalam wabah saat ini menjadi 562.

Penguncian nasional diberlakukan awal bulan ini untuk mengalahkan penyebaran varian Delta.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi