Warga Serahkan 34 Kg Sabu, Seorang Kurir Ditangkap

Warga Serahkan 34 Kg Sabu, Seorang Kurir Ditangkap
Kepala Kopolisian Resor Asahan, AKBP Putu Yudha Prawira, menunjukan barang bukti sabu saat konferensi pers di Mapolres Asahan, Senin (20/9). (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Masyarakat Desa Sei Apung, Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan menemukan sabu sebanyak 34 kilogram dan langsung diserahkan ke Polres Asahan.

"Pada 8 September 2021 masyarakat Sei Apung menyerahkan sabu sebanyak 34 Kg. Setelah itu kita dibantu Direktorat Narkoba Polda Sumut untuk menangkap pemilik barang haram tersebut," kata Kepala Kopolisian Resor Asahan, AKBP Putu Yudha Prawira, Senin (20/9).

Dia lanjut menjelaskan, berkat kerjasama pada 12 September 2021 akhirnya menangkap kurir barang tersebut berinisial IR (40) warga Tanjungbalai.

Kata Putu, IR (40) ditangkap di jalan lintas Sumatera Utara dari Siantar menuju ke Tanjungbalai sementara pemilik masuk daftar pencarian orang.

"Dari hasil pemeriksaan pelaku ada empat nama yang disebutkannya, diantaranya ABZ selaku pemberi perintah kepada IR yang saat ini masih kita kejar," ujarnya.

Dari hasil keterangan, pelaku diberikan upah sama pemilik senilai Rp 100 juta untuk menjemput sabu dari Bagan Asahan untuk disimpan dan diantarkan kepada orang yang sudah ditentukan.

"Kalau barang ini berhasil dijemput untuk disimpan sementara, maka pelaku diberi upah sama pemilik barang haram ini senilai Rp 100 juta," ujar matan Kapolres Tanjungbalai ini.

Akibat perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman seumur hidup hingga hukuman mati.

"Tersangka terancam hukuman penjara seumur hidup hingga hukuman mati," ujarnya.

Putu terus bertekad dalam memberantas peredaran narkoba yang masuk ke Asahan. Ia juga berpesan kepada masyarakat apabila memiliki informasi tentang adanya peredaran narkoba segera laporkan kepada pihak kepolisian.

"Tidak ada tempat bagi para pelaku narkoba di Asahan. Kalau masih nekat, saya akan sikat para pelaku yang coba melakukan peredaran narkoba," ujar Putu.

Bupati Asahan, Surya mengatakan, tetap mendukung Polres Asahan dalam memberantas peredaran narkoba di wilayah Asahan.

"Kami dari Pemkab Asahan tetap mendukung kepolisian dalam memberantas kejahatan khusus peredaran narkoba," ujar Surya.

(ARI/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi