Level PPKM Medan Turun, Bobby Nasution Minta Masyarakat Jangan Euforia

Level PPKM Medan Turun, Bobby Nasution Minta Masyarakat Jangan Euforia
Wali Kota Medan, Bobby Nasution (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, mengatakan penanganan Covid-19 di Kota Medan terus membaik. Bahkan dari hasil evaluasi dan perbaikan data, dia optimis Kota Medan akan turun ke PPKM Level III.

"Insya Allah, kalau melihat dari trend kasus dan PR yang diberikan kepada kami dan sudah kami kerjakan dan sesuai, dan sudah kita perbaiki pendataan dan melihat dari kategori yang ada, ini (PPKM) level III," kata Bobby Nasution di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Senin (20/9).

Kendati demikian, kata Bobby, Pemko Medan tetap menunggu arahan dan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terkait penentuan kategori pelaksanaan PPKM.

Dijelaskan Bobby, dari hasil penanganan dan evaluasi data penanganan Covid-19, kondisi BOR di Medan berangsur menurun. Hal tersebut juga diikuti oleh kondisi ICU dan Fatality rate.

"Bor sudah dibawah 37 persen, ICU mendekati 30 persen, rawat inap dibawah 25 persen, kesembuhan meningkat dan dibarengi fatality rate sudah dibawah 2 persen, berarti tingkat kesembuhan kita sudah 98 persen," ungkapnya.

Dikatakan Bobby indikator lain yang semakin membaik yakni tingkat keterisian isolasi terpusat (isoter) yang terus menurun.

Oleh sebab itu Bobby meminta kepada masyarakat agar tetap mewaspadai dan menerapkan pola hidup sehat meski kasus Covid-19 di Medan terus menurun.

"Tingkat keterisian Isoter sudah menurun, karena yang terkonfirmasi juga menurun. Kemarin saja itu dibawah 100 kasus terkonfirmasi positif. Mudah-mudahan bisa kita jaga dan kita stabilkan terus. Jangan karena sudah sehat semua kemudian eforia dan mengabaikan prokes," pungkasnya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi