Revitalisasi Lapangan Merdeka Usung Konsep Kota Bersejarah

Revitalisasi Lapangan Merdeka Usung Konsep Kota Bersejarah
Foto udara Lapangan Merdeka Medan. (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Analisadaily.com, Medan - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kota Medan, Benny Iskandar mengatakan, revitalisasi Lapangan Merdeka mengusung konsep pelestarian ruang kota bersejarah.

"Selain sebagai ruang terbuka hijau, revitalisasi ini juga dipadukan dengan konteks dinamika rancang kota kontemporer," kata Benny dilansir dari Antara, Sabtu (25/9).

Ia menjelaskan, revitalisasi itu akan mempertahankan fungsi Lapangan Merdeka Medan sebagai ruang terbuka publik yang memiliki luas sekitar 4,88 hektare.

Di samping itu, lanjutnya, revitalisasi ini juga secara signifikan mempertahankan nilai historis dan karakter Lapangan Merdeka, termasuk keberadaan pohon-pohon tua yang menjadi titik O Kota Medan.

"Selain parkir di basement (ruang bawah tanah), dan juga akan diciptakan ruang ekonomi. Di lapangan ini nantinya akan dibangun pendopo dengan berbagai fasilitas lainnya," beber Benny.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi memuji langkah Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang akan merevitalisasi Lapangan Merdeka Medan menjanjikan anggaran Rp100 miliar.

"Kami sebenarnya ada gambaran juga, tapi saya lihat gambaran revitalisasi Lapangan Merdeka yang dibuat Bobby bagus. Saya dukung itu. Coba dibantu Rp100 miliar. Dari mana dananya, coba dicari tahu dulu," kata Edy pekan ini.

Bobby mengatakan, untuk merevitalisasi Lapangan Merdeka Medan dibutuhkan dana sekitar Rp174 miliar. Karena itu, Pemkot Medan mengupayakan anggaran revitalisasi itu.

"Revitalisasi yang kita lakukan ini diharapkan menciptakan keterhubungan antara Kesawan, Lapangan Merdeka, dan Stasiun Kereta Api. Revitalisasi ini juga harus membuat Lapangan Merdeka jadi lebih bermanfaat," kata Bobby.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi