Polres Asahan Melatih Kemampuan Personil Dalmas

Polres Asahan Melatih Kemampuan Personil Dalmas
Personil Dalmas Polres Asahan latihan pengamanan unjuk rasa halaman Mapolres Asahan, Rabu (20/10). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kisaran - Polres Asahan menggelar latihan untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam melakukan pengendalian Massa (Dalmas), kegiatan berlangsung di Mapolres Asahan, Rabu (20/10).

Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira mengatakan bahwa latihan itu dibagi menjadi 3 tim yaitu tim negosiator, Dalmas awal dan Dalmas lanjut, dengan memakai materi formasi Dalmas sikap siaga, sikap tempur, dorong maju, Desak maju, sikap berlindung dan sikap dorong maju.

"Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota dalam menanggulangi aksi unjuk rasa," kata Putu.

Lebih lanjut Putu menjelaskan, latihan tersebut juga bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi akai unjuk rasa dari berbagai sisi.

"Selain itu pihaknya juga untuk mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas, dalam persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainnya yang terjadi di wilayah hukum Polres Asahan," terang Putu.

Pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan Dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya.

Dalam pengendalian massa ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh anggota saat di lapangan yaitu kegiatan dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti mobil water canon dan gas air mata yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedur (SOP) dilapangan jelas mantan Kasat Reskrim Polrestabes tersebut.

"Dengan pelatihan ini diharapkan seluruh personel paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa serta mampu menerapkannya di lapangan," ujarnya.

Setelah pelatihan Dalmas, pihaknya juga menggelar pelatihan Tactical Floor Game (TFG), TFG ini merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana operasi yang telah disusun bersama Pejabat Utama(PJU) Polres Asahan Dan Kapolsek Jajaran.

"Kegiatan TFG juga bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait kekuatan personel, tahapan dan cara bertindak serta sarana prasarana yang akan digunakan oleh masing-masing dalam pelaksanaan pengamanan unjuk rasa," tandasnya.

(ARI/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi