Ahli Waris Warenhuis Dukung Revitalisasi Kesawan Jadi Destinasi Wisata

Ahli Waris Warenhuis Dukung Revitalisasi Kesawan Jadi Destinasi Wisata
Gedung Warenhuis (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ahli waris pemilik Gedung Warenhuis mendukung Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam upaya merevitalisasi kawasan Heritage Kesawan menjadi daya tarik destinasi wisata dan ekonomi kreatif.

Warenhuis tidak terpisahkan dari Heritage Kesawan, karena letak gedung bersejarah ini berada tepat dipersimpangan Jalan Ahmad Yani VII dengan Jalan Hindu, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat.

Kantor Hukum Apindosu Lajo Parmate yang menjadi kuasa hukum ahli waris Gedung Warenhuis menyampaikan apresiasi dan dukungan bagi Pemko Medan untuk merevitalisasi Heritage Kesawan dengan pagelaran Pekan Kuliner Kondang (PKK) UMKM, yang akan berlangsung selama 3 hari mulai 19 hingga 21 November 2021.

"Ahli waris Warenhuis merespons positif kegiatan kuliner di seputaran kawasan Kesawan. Apalagi kegiatan tersebut berlangsung di pinggiran gedung Warenhuis. Langkah ini merupakan momentum bangkitnya destinasi wisata dan ekonomi kreatif Kota Medan," kata Perry Iskandar mewakili penasihat hukum ahli waris Warenhuis, Kamis (18/11).

Menurut Perry Iskandar, yang perlu dicatat Gedung Warenhuis ada pemiliknya. "Perlu diketahui publik, gedung lama Warenhuis beserta asetnya ada pemiliknya dan telah diakui oleh hukum," beber Perry Iskandar yang juga Wakil Sekretaris Apindo Sumut, didampingi Martono Anggusti dan Julius dari Kantor Hukum Apindosu Lajo Parmate.

Disebutkan Perry, ahli waris Warenhuis beberapa waktu lalu di media telah menyatakan siap berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah untuk menjadikan gedung bersejarah Warenhuis sebagai heritage atau cagar budaya di Kota Medan. Kabarnya mendapat respons oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Namun kolaborasi tersebut belum terealisasikan hingga saat ini. "Kita pahami kemungkinan Pak Wali Kota masih memiliki mobilitas tugas dan kerja yang begitu padat. Hingga belum sempat duduk bersama dengan niat ahli waris maupun kuasanya untuk merealisasikan kolaborasi revitalisasi Warenhuis menjadi cagar budaya," ungkap Perry.

Ahli waris tetap mendukung program Pemko Medan yang menggagas Pekan Kuliner Kondang (PKK) UMKM. "Ahli waris tetap membuka diri untuk kolaborasi dan sinergi antara ahli waris dan Pemko Medan, menjadikan Warenhuis sebagai destinasi wisata dan bagian cagar budaya Kota Medan," ucapnya.

Sebelumnya, Ismael Pulungan yang merupakan ponakan Maya Seminole Pulungan putri almarhum G Dalip Singh Bath dengan tegas menyatakan, pihak ahli waris sangat mendukung dan terbuka bagi Pemko Medan untuk menjadikan Gedung Warenhuis sebagai heritage Kota Medan melalui program kolaborasi yang disampaikan Wali Kota Medan saat ini.

"Tentunya diharapkan adanya komunikasi dan pembicaraan lebih lanjut bersama ahli waris dan tim konsultan kami," ujarnya beberapa waktu lalu.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi