Lahan Sawah 45 Hektare di Batubara Terdampak Banjir

Lahan Sawah 45 Hektare di Batubara Terdampak Banjir
Bankir di Batubara (BNPB Indonesia)

Analisadaily.com, Batubara – Banjir kembali terjadi di wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut, tepatnya di Kabupaten Batubara, pada Senin dini hari (22/11), pukul 02.00 WIB. Banjir menggenangi lahan persawahan seluas 45 Ha di Desa Sei Buah Keras, Kecamatan Medang Deras.

Informasi yang diterima Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB pagi ini menyebutkan selain persawahan, lahan sawit seluas 60 Ha dan 10 unit rumah warga terdampak. Tidak ada laporan korban jiwa akibat peristiwa ini.

“BPBD Kabupaten Batu Bara juga melaporkan kondisi genangan di Desa Sei Buah Keras belum menunjukkan penurunan,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.

Banjir tersebut dipengaruhi curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah kecamatan serta debit air dari kawasan hulu atau wilayah Kabupaten Simalungun.

Pihak BPBD setempat telah melakukan koordinasi dengan aparat desa maupun kecamatan terhadap kondisi banjir yang melanda wilayah tersebut.

Prakiraan cuaca di wilayah Kecamatan Medang Deras 2 hari ke depan masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Sementara itu, secara umum wilayah Sumut terpantau berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang pada hari ini dan esok hari.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat selalu waspada dan siap terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor maupun angin kencang, khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga hari ini.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi