Menatap Pesona Danau Lut Tawar dari Bur Telege

Menatap Pesona Danau Lut Tawar dari Bur Telege
Panorama Kota Takengon dan Danau Lut Tawar dari atas Bur Telege (Fakhrurrazi)

Analisadaily.com, Aceh - Tanah Gayo bukan hanya terkenal dengan hasil alamnya yakni kopi yang berkelas. Kabupaten Aceh Tengah yang berupa dataran tinggi menyimpan banyak destinasi yang memanjakan mata, dibalut dengan kearifan lokal yang masih melekat.

Pesona wisata Aceh Tengah memang tak habis ditelusuri dalam waktu singkat. Kota ditin ini, tak hanya menyajikan wisata kopi dan danau, tetapi juga bukit indah yang yang menakjubkan.

Selain itu, dari atas Bur Telege, pengunjug dapat melihat hamparan Kota Takengon dan juga aktivitas nelayan di Danau Lut Tawar. Tentu saja ini adalah destinasi wisata andalan para pelancong.

Daerah yang berada di Takengon Aceh Tengah ini dinamakan Negeri Diatas Awan karena kawasannya berada di dataran tinggi dan bersuhu udara dingin.

Lokasi Bur Telege letaknya di Kampung Bale Bujang, Kecamatan Laut Tawar, Takengon, Aceh Tengah. Bur Telege berada pada ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut.

Lokasi Wisata Perbukitan

Panorama Kota Takengon dan Danau Lut Tawar dari atas Bur Telege (Fakhrurrazi)
Bur Telege adalah lokasi wisata perbukitan yang disulap menjadi taman bernuansa kekianan. Di sana juga telah banyak dibangun spot yang menarik. Lokasinya instagramable, cocok dijadikan untuk tempat berswafoto. Sejumlah vila juga mulai dibangun di atas bukit ini.

Destinasi wisata ini tidak jauh dari pusat Ibu Kota Aceh Tengah, Takengon. Jika pengunjung berada di seputaran Kota Takengon, pasti akan tampak tulisan besar “Gayo Highland” di bukit dan itulah lokasi Bur Telege.

Jika Anda ke Takengon Aceh Tengah, tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke objek wisata puncak Bur Telege. Disana wisatawan dapat memanjakan mata sembari menyeruput kopi khas Gayo dari dataran tinggi dengan suhu udara dingin.

Lantaran memiliki pesona yang indah, tak ayal setiap pelancong yang ke Takengon pasti tak luput mengunjungi Bur Telege ini untuk menikmati suasana Lut Tawar dan berswafoto.

Bagi Anda ingin ke sana tak perlu takut kelaparan. Di lokasi Bur Telege juga banyak cafe dan kedai yang menjual makanan dan minuman. Tiket masuk juga tak terlalu mahal, hanya Rp 5 ribu, pengungun sudah bisa menikmati pesona alam Bur Telege.

Salah satu pengunjung dari Banda Aceh, Mufti Tamren, mengatakan awalnya ia mengetahui lokasi Bur Telege itu dari sosial media instagram. Lokasinya yang asri dan eksotik dapat menenangkan pikiran.

"Saya cek di instagram lokasinya bagus. Alhamdulillah ada kesempatan ke Takengon, langsung aja ke Bur Telege. Lokasinya benar-benar bagus dingin lagi," kata Mufti Tamren, Sabtu, 27 November 2021.

Kota Takengon Tampak dari Puncak

Panorama Kota Takengon dan Danau Lut Tawar dari atas Bur Telege (Fakhrurrazi)
Menurut Mufti, dari puncak Bur Telege sejauh mata memandang hamparan Danau Lut Tawar terlihat jelas dengan aktivitas nelayan di sana. Tak hanya itu, Kota Takengon juga tampak dari puncak.

Mufti mengatalan, akses menuju ke Bur Telege juga tak terlalu sulit, namun diperlukan kehati-hatian pengunjung lantaran jalannya menanjak dan sempit. Akan tetapi selama perjalanan pengunjung akan terasa lebih nyaman karena udara dingin.

Memasukkan Bur Telege ke dalam list wisata Takengon merupakan keharusan. Tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke lokasi yang satu ini. Dijamin pengunjung bakal betah berlama-lama di tempat ini.

Tak hanya Bur Telege, Takengon menyimpan banyak wisata unggulan yang menjadi daya tarik wisatawan ke kawasan itu. Diantaranya, Danau Lut Tawar, Galery Kopi Indonesia dan masih banyak lagi.

Selain wisata, adat dan budaya setempat juga masih melekat. Atraksi budaya acap ditampilkan dalam event nasional maupaun internasional untuk memperkenalkan kayanya budaya Tanah Gayo.

Berita kiriman dari: Fakhrurrazi

Baca Juga

Rekomendasi