Kapolda Sumut: Ibadah Natal Kondusif dan Disiplin Prokes

Kapolda Sumut: Ibadah Natal Kondusif dan Disiplin Prokes
Kapolda Sumut Irjen Pol. RZ Panca Putra (kanan), Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting (tengah) dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin (kiri) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Polda Sumatera Utara beserta Kodam I Bukit Barisan dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menggelar patroli keamanan menjelang misa natal di Kota Medan, Jumat (24/12) sore.

Patroli keamanan ini dipimpin Kapolda Sumut Irjen Pol. RZ Panca Putra, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin dan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting.

Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, mengatakan patroli yang dilakukan ini untuk mengecek dan memantau keamanan di gereja-gereja.

"Kita mengelilingi Kota Medan meninjau gereja-gereja untuk melihat keamanan natal. Kita yakin keamanan cukup baik yang dilakukan TNI dan Polri sehingga masyarakat melakukan ibadah dengan aman dan nyaman," kata Baskami di Kodim 0201 Medan.

Baskami juga mengimbau kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes)

"Untuk jemaat kita tetap mengacu kepada protokol kesehatan. Di mana, jumlah jemaatnya maksimal 50 persen dari jumlah jemaat gerejanya dan kita tidak membatasinya. Yang pasti prokes harus tetap diutamakan," imbaunya.

Sementara itu Kapolda Sumut, Irjen Pol. RZ Panca Putra, menuturkan bahwa patroli menyambut natal ini untuk memastikan semuanya dalam keadaan aman.

"Kita melaksanakan patroli gabungan antara pemerintah daerah dan TNI Polri keliling melihat kondisi keamanan malam natal dan tahun baru. Dan saat ini kita lihat kondisinya aman," ucapnya.

"Kita patroli ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan memastikan gereja-gereja serta mal-mal dalam kondisi aman dan tetap mematuhi protokol kesehatan," tegas Panca.

Dia juga meminta kepada masyarakat agar tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan dan mengimbau kepada masyarakat untuk meminimalisir mobilitas kegiatan yang tidak penting.

"Kita juga mengimbau kepada masyarakat untuk meminimalisir mobilitas, kegiatan yang tidak penting lebih bagus di rumah dan semua kegiatan lebih tetap dengan protokol kesehatan baik di tempat wisata dan rumah ibadah semua sudah diatur kalau kita ikuti kita terhindar dari Covid-19," tegas Panca.

"Kita jamin ibadah natal kondusif dan tetap prokes," tukasnya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi