Vaksinasi Terhadap Siswa, Pemerintah Sergai Targetkan 71.000 Orang

Vaksinasi Terhadap Siswa, Pemerintah Sergai Targetkan 71.000 Orang
Petugas medis tampak akan menyuntikkan vaksin Covid-19 pada seorang siswa di SDN 102020 Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Rabu (5/1). (Analisadaily/Muhammad Zulfadly)

Analisadaily.com, Sei Rampah - Mensukseskan vaksinasi Merdeka Anak, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai akan melakukan vaksinasi terhadap 71.000 siswa di seluruh sekolah yang ada di Sergai.

Vaksinasi ini digelar berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan tentang pelaksanaan vaksiansi Corona bagi anak usia 6 sampai dengan 11 tahun, yang ditandatangani Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin pada 13 Desember 2021.

"Hari ini kita melaksanakan vaksinasi Merdeka Anak, perdana sebanyak 400 orang yang di pusatkan di SD 102020 Firdaus," kata Sekda Sergai, Faisal Hasrimy usai pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan Kepolisian Daerah Se Indonesia di SDN 102020 Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Rabu (5/1).

Kata dia, dengan jumlah 71.000 anak yang akan divaksin, ditargetkan satu hari melaksanakan lebih kurang 5000-an vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun dan dalam kurun waktu 2 minggu vaksinasi anak ini selesai.

"Vaksinasi anak ini dapat kita sukseskan dengan melakukan pendekatan dan sosialisasi serta mengedukasi anak-anak, yang dilakukan oleh guru maupun dengan melakukan pendekatan kepada orang tua bahwa vaksinasi ini aman. Kita ibaratkan saja vaksin ini dengan imunisasi agar anak kita sekaligus orang tuanya tidak cemas dan was-was saat vaksin," ujarnya.

Kapolres Sergai, AKBP Ali Machfud Mengatakan, pelaksanaan vaksin ini dapat diselesaikan dalam kurun waktu 2 minggu serta waktu efektif siswa sekolah 12 hari.

Dia berharap komunikasi guru dan orang tua siswa dapat berjalan baik agar orang tua anak-anak yakin mendapatkan vaksinasi, dan ini aman serta pemerintah bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan vaksin.

"Maka dari itu, kita harus mempersiapkan anak kita. Anak usia 6-11 tahun, baik yang sekolah di madrasah maupun pesantren juga kita laksanakan vaksinasi. Hal ini guna mendapatkan kekebalan komunal bagi anak kita," kata Ali.

(MZ/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi