Jokowi Bangun Tol di Sumut, Rektor USU: Manfaatnya Dirasakan Masyarakat

Jokowi Bangun Tol di Sumut, Rektor USU: Manfaatnya Dirasakan Masyarakat
Rektor USU, Dr. Muryanto Amin (kanan) bersama Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara Konferensi Indonesia Emas di USU (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pembangunan jalan tol di lintas Sumatera, khususnya Sumatera Utara era Presiden Joko Widodo banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal itu dikatakan oleh Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Muryanto Amin.

Menurut Muryanto, jalan tol yang dibangun Presiden Jokowi itu mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Pasalnya, dengan hadirnya jalan tol di Sumut, estimasi perjalanan masyarakat menjadi lebih singkat.

“Misalnya kalau sekarang orang merasakan singkatnya (waktu perjalanan). Kita lihat di tol Medan-Tebingtinggi itu sudah relatif banyak menggunakannya,” ujar Muryanto, Minggu (9/1).

Muryanto mengatakan bukan hanya jalur tol Medan-Tebingtinggi saja yang sangat bermanfaat untuk kehidupan masyarakat. Namun jalan-jalan tol lain di Sumut pun akan mempermudah akses masyarakat.

“Dan (jalan tol) Binjai nanti saya kira akan terjadi hal yang sama,” kata Muryanto.

Jalan tol Medan-Tebingtinggi dan Medan-Binjai garapan Presiden Jokowi resmi beroperasi mulai 13 Oktober 2017. Kedua jalan tol ini berhasil menghubungkan kawasan-kawasan industri di Medan.

Panjang jalan Tol Medan-Tebingtinggi sendiri mencapai 61,70 km, mampu mempersingkat waktu tempuh dari Bandara Kualanamu ke Danau Toba dari yang tadinya 4-5 jam, kini bisa ditempuh hanya 1-2 jam.

Sedangkan Jalan Tol Medan-Binjai membentang sepanjang 16,7 km. Jalur ini menjadi opsi alternatif untuk menghindari kemacetan di lintas Medan-Aceh.

(REL/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi