Masjid Al Musannif di Bojongsoang Bandung Segera Dibangun

Masjid Al Musannif di Bojongsoang Bandung Segera Dibangun
Wagub Sumut, Musa Rajekshah, beserta keluarga berencana membangun Masjid Al Musannif di Kampung Bojongsoang RT 01/02, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Bojongsoang - Meneruskan amanah ayahnya, Almarhum Haji Anif Bin Haji Gulrangshah membangun 99 Masjid di Indonesia, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah beserta keluarga berencana membangun Masjid Al Musannif di Kampung Bojongsoang RT 01/02, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pembangunan masjid di desa ini telah direncanakan lama oleh Ijeck, sapaan Musa Rajekshah, setelah berkomunikasi dengan Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex saat peresmian Musala di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0211/TT di Sibolga pada September 2021 lalu. Letkol Inf Dadang Alex pun menjadi ketua Pembangunan Masjid yang diberi nama Masjid Al Musannif Al Hidayah di Kampung Bojongsoang ini.

"Sebelumnya tidak ada rencana kita membangun masjid sampai Kabupaten Bandung ini. Semua ini berawal dari saat Pak Dadang bertugas di Sibolga dan kita awalnya komunikasi membangun untuk mushola di Makodim dan sudah selesai juga sudah kita resmikan," kata Ijeck kepada Jamaah Masjid Al Hidayah, Selasa (11/1).

Setelah selesai meresmikan Musala di Sibolga, komunikasi berlanjut sampai pada rencana pembangunan Masjid Al Musannif di kampung halaman Letkol Inf Dadang Alex di Kabupaten Bandung.

"Saya lihat bangunan Mushola di Makodim dibuat Pak Dadang sangat bagus. Beliau menawarkan bagaimana kalau membangun masjid di kampungnya di Bandung, dan kami pun setuju," kata Ijeck yang juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Haji Anif ini.

Mewakili Yayasan Haji Anif, Ijeck mengaku akan menyerahkan anggaran pembangunan Masjid Al Musannif Al Hidayah.

"Insha Allah segera dimulai pembangunannya," ujar Ijeck, sembari mengatakan kehadirannya ke Kampung Bojongsoang tidak direncanakan karena hanya berniat bersilaturahmi dengan keluarga menantunya di Bandung.

"Saya sebelumnya tak berencana untuk hadir ke Masjid Al-Hidayah ini, kebetulan ke Jakarta dan kebetulan anak saya nikah mendapatkan putri warga Bandung. Jadi saya dikasih tugas bawa cucu kemari dan ditelpon Pak Dadang sekalian lihat masjid. Alhamdulillah akhirnya bisa bersilaturahmi di sini," ujar Ijeck.

Dalam kesempatan itu Ijeck bercerita terkait amanah almarhum ayahnya untuk membangun 99 Masjid dan saat ini sudah 24 masjid diresmikan, terakhir kali Masjid di Desa Tabayung, Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal.

"Membangun 99 Masjid ini mimpi orang tua kami, beliau bercita-cita ingin membangun 99 Masjid sebelum meninggal. Tapi sebelum semua selesai, beliau sudah berpulang dan kami putra putrinya punya amanah melanjutkan ini. Semoga masjid ini bisa diisi dengan kegiatan agama dan bisa memakmurkan umat," tutup Ijeck.

Letkol Inf Dadang Alex mengucapkan, warga Kampung Bojongsoang antusias menyambut pembangunan masjid ini karena Masjid Al Hidayah memang sudah berdiri sudah sekitar 70 tahun.

"Memang sudah layak diperbaiki karena usianya sudah hampir 70 tahun, warga di sini sangat antusias menyambut rencana pembangunan ini dan sangat berterima kasih," tutupnya.

Hadir menyambut kedatangan Ijeck, Ketua PC Persis Yayang Supendar, Ketua BKM Sukardi, Kepala Desa Bojongsoang Acep Sahrul dan diisi tausiah oleh Ustadz Iwan Setiawan.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi